Kalahkan Google, Kapitalisasi Pasar Microsoft Rp 10.486 T

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
30 May 2018 15:11
Kalahkan Google, Kapitalisasi Pasar Microsoft Rp 10.486 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketika Google pertama kali melampaui kapitalisasi pasar Microsoft enam tahun lalu, banyak pihak yang beranggapan akan sulit bagi Microsoft mengejar Google.

Namun selama 12 bulan terakhir, harga saham Microsoft telah melonjak 40%, lebih dari lima kali lipat Alphabet, dan sekali lagi melampaui Google. Pada penutupan Selasa, valuasi Microsoft US$ 749 miliar (Rp 10.486 triliun) dan kapitalisasi pasar Alphabet US$ 739 miliar (Rp 10.346 triliun).

Mengutip CNBC International, kenaikan harga saham Microsoft telah dipicu oleh pertumbuhan dalam bisnis cloud computing, yang lebih besar dari Google meskipun masih belum mampu mengungguli Amazon Web Services.


Pada bulan Maret, Microsoft mengatur ulang Windows dan Devices Group dan memindahkan sumber daya enjiniringnya ke unit lain, termasuk yang berfokus pada cloud dan kecerdasan buatan.

Baik Microsoft dan Alphabet mengalahkan ekspektasi analis di kuartal pertama.

Google melantai di bursa saham pada tahun 2004 dan menghabiskan delapan tahun berikutnya untuk menutup kesenjangan dengan Microsoft, yang memulai debutnya di pasar saham pada tahun 1986.

Microsoft kini menjadi perusahaan publik ketiga paling berharga di dunia, di belakang Apple dan Amazon. Alphabet berada di urutan keempat, diikuti oleh Facebook dan Tencent China.

Pada hari Selasa, Microsoft turun 0,4% menjadi $ 98,01, sementara saham Kelas A Alphabet turun 1,5% menjadi $ 1,068.07.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading