PGN Salurkan Gas ke Pabrik Infus Emjebe

Market - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
11 May 2018 13:11
PGN Salurkan Gas ke Pabrik Infus Emjebe
Jakarta, CNBC Indonesia- PT PGN Tbk mulai menyalurkan gas bumi ke pabrik infus milik PT Emjebe Pharma di Pasuruan, Jawa Timur. Gas mulai dipasok oleh PGN pada Kamis (10/5/2018).

Sesuai kontrak jual beli gas yang ditandatangani kedua belah pihak, PGN akan memasok 350 hingga 1.780 MMBTU atau setara maksimal 50.000 meter kubik (m3) gas bumi ke pabrik Emjebe.




Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menuturkan, dengan mengganti compressed natural gas (CNG) yang selama ini digunakan perusahaan ke gas bumi sebagai sumber energi, Emjebe bisa menghemat biaya produksi sampai 30% karena harga gas yang lebih murah.

"Harga gas bumi yang kami pasok ke Emjebe hanya Rp 5.800 per kubik. Kami berharap penyaluran gas ke industri farmasi di Pasuruan ini dapat mendorong kemandirian industri lokal," kata Rachmat dalam keterangan resmi, Jumat (11/5/2018).

Emjebe merupakan perusahaan lokal pertama di Indonesia yang memproduksi berbagai jenis infus seperti RL, NS, D5 , dan D5NS. Emjebe menggunakan energi baik PGN untuk mensterilisasi infus yang diproduksinya.

Sebelumnya pada awal April 2018, PGN juga telah mengumumkan penyaluran gas ke PT Hiruta Kogyo Indonesia, pabrik suku cadang mobil dan PT Alexindo, produsen aluminium yang keduanya berlokasi di Karawang. PGN juga memasok gas untuk pabrik PT Serba Gurih Indonesia, produsen permen jahe lyang produknya disebar ke berbagai negara.

Sampai akhir kuartal I 2018, PGN tercatat mengelola jaringan infrastruktur pipa gas sepanjang 7.453 km. Dari infrastruktur tersebut, PGN menyalurkan 1.505 MMSCFD gas bumi ke 196.221 pelanggan dari berbagai segmen, seperti pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta pelanggan rumah tangga. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading