Resmi Melantai di Bursa, Saham BRI Syariah Melesat 19%

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
09 May 2018 - 09:25
Resmi Melantai di Bursa, Saham BRI Syariah Melesat 19%
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham PT BRI Syariah Tbk (BRIS) langsung mengalami kenaikan 19,61% pada saat pertama kali ditransaksi di Bursa Efek Indonesia (initial public offering/IPO).

Pada awal perdagangan harga saham BRIS naik ke level Rp 610 per unit saham, dari harga yang ditawarkan sebesar Rp 510 per unit saham. Setelah diperdagangkan, saham BRIS melaju dengan frekuensi perdagangan 401 kali dengan volume transaksi senilai Rp 5,92 miliar.

Dengan menawarkan 2,62 miliar saham baru atau 27% dari modal yang disetor penuh, perusahaan mendapatkan dana segar sebesar Rp 1,33 triliun, dan selama masa penawaran umum pada 2-3 Mei 2018, perusahaan mengalami kelebihan permintaan (oversubscribe) hingga dua kali dari total saham yang diberikan.


Anak usaha dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) ini akan menggunakan sekitar 80% dana segar hasil IPO untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan syariah, sekitar 12,5% untuk pengembangan sistem Teknologi Informasi, dan sekitar 7,5% untuk pengembangan jaringan kantor cabang dari Sabang (Sumatera) sampai Merauke (Papua).

"Hasil IPO yang memuaskan dan pertumbuhan laba yang signifikan membuat kami telah selangkah lagi lebih dekat memenuhi visi perusahaan menjadi Bank Umum Katagori Usaha (BUKU) III," tutur Direktur Utama BRIsyariah Moch Hadi Santoso kepada media saat dijumpai di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (9/5).

IPO BRI Syariah akan menjadi IPO pertama bank syariah milik anak perusahaan bank BUMN, dan melihat kemampuan perseroan membukukan peningkatan laba bersih sebesar 64 persen (yoy) menjadi Rp 54,38 miliar pada kuartal I tahun 2018 ini. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading