Uji Tuntas Akuisisi Pertagas oleh PGN Rampung Bulan Ini

Market - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
25 April 2018 19:50
Uji Tuntas Akuisisi Pertagas oleh PGN Rampung Bulan Ini
Jakarta, CNBC Indonesia- Komisi VI DPR RI mempertanyakan dampak kehadiran PT PGN Tbk ke dalam tubuh PT Pertamina (Persero). Hal tersebut dikhawatirkan menjadi beban tersendiri karena beberapa proyek PGN dinilai tak berjalan dengan baik.

Menanggapi hal itu, Plt. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan proses integrasi akan dilakukan secara bertahap sebagai bentuk mitigasi risiko. Dia menjelaskan, akan ada pembagian atas aset dalam proses tersebut.




Tiga aset tersebut adalah aset owner (kepemilikan), manajemen, dan operator. Untuk aset kepemilikan, Nicke menegaskan akan tetap menjadi milik masing-masing. "PGN tetap di PGN, Pertagas di Pertagas. Tapi aset manajemen yang di-manage, supaya bisa optimal," jelas Nicke di Gedung DPR RI, Rabu (25/4/2018).


Hingga saat ini, belum ada skema pasti bagaimana transaksi atas akuisisi Pertagas oleh PGN. Namun dia mengatakan aset operasi sudah mulai diintegrasikan. Dalam proses pengintegrasian itu, telah dilakukan uji tuntas (due diligence) untuk melakukan identifikasi. "Kami coba, mitigasinya seperti apa," jelas Nicke.


"Kewajiban kami melakukan upaya untuk mengurangi adanya kerugian. Ini due diligence akan selesai bulan ini," tambahnya.

Direktur Utama PGN menyatakan hal yang sama. Guna mempercepat berlangsungnya pengintegrasian. "Besok (26/4/2018) kami RUPS dan salah satu agendanya terkait integrasi terkait akuisisi Pertagas oleh PGN," tutur Jobi. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading