Newsletter

Sejenak Mencermati Arah Kebijakan Moneter

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
19 April 2018 07:24
  • IHSG ditutup menguat pada perdagangan kemarin
  • Bursa Asia menghijau menyambut peluang reunifikasi Korea
  • Wall Street mencatat penguatan berkat kinerja positif emiten

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,55% ke level 6.320,01 pada perdagangan kemarin (18/4), mengekor bursa saham utama regional yang menghijau menyambut berkurangnya kadar risiko konflik regional dari semenanjung Korea. Hari ini, pelaku pasar perlu mencermati arah kebijakan moneter.

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat nilai transaksi sebesar Rp 7,19 triliun pada perdagangan kemarin, dengan volume sebanyak 9,37 miliar saham. Frekuensi perdagangan mencapai 448.429 kali.

Secara sektoral, penguatan IHSG didorong sektor barang jasa keuangan yang menguat 0,91% dan memberikan sumbangan sebesar 16,7 poin dari penguatan IHSG yang sebesar 34,2 poin. Penguatan sektor tersebut dipicu oleh kenaikan harga saham-saham bank BUKU IV: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) naik 1,95%, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) naik 1,9%, dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) naik 0,88%.


Investor asing melakukan aksi jual bersih senilai Rp 223,16 miliar. PT Bank Negara Indonesia Tbk/BBNI (Rp 128,31 miliar), PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk/INKP (Rp 88,11 miliar), PT Indofood Sukses Makmur Tbk/INDF (Rp 76,81 miliar), PT United Tractors Tbk/UNTR (Rp 43 miliar), dan PT Bank Central Asia Tbk/BBCA (Rp 39,79 miliar) merupakan saham-saham yang paling banyak dilepas oleh investor asing.

Indeks bursa saham Korea Selatan yakni Kospi naik 1,07% setelah Korea Selatan dan Korea Utara dikabarkan sedang berdiskusi untuk mengakhiri perang yang sudah berlangsung sejak 1953. Konferensi antar kedua negara membahas itu dijadwalkan akan digelar pekan depan.

Lebih lanjut, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memaparkan bahwa pemerintahannya telah menjalin komunikasi secara intens dengan Korea Utara guna mengatur pertemuannya dengan Kim Jong Un yang dijadwalkan pada akhir Mei atau Juni.

Pernyataan ini dilontarkan Trump pada saat sesi foto dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang sedang melakukan kunjungan ke AS. Menyambut berita tersebut, Indeks Nikkei naik 1,42%, Shanghai naik 0,8%, Hang Seng naik 0,74%, dan Strait Times naik 1,7%. (ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading