Ramayana Fokus Kembangkan Bisnis Departement Store

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
28 March 2018 18:03
Ramayana Fokus Kembangkan Bisnis Departement Store
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) menilai persaingan di pasar supermarket sudah terlalu ketat dengan bertambahnya pemain besar dan maraknya mini market. Untuk itu, perusahaan memutuskan untuk lebih fokus mengembangkan departement store dengan menambah tiga gerai baru di tahun ini.

Corporate Secretary Ramayana Setyadi Surya mengatakan tahun ini mulai mengurangi fokus bisnis supermarket, tetapi tetap menjadikan sebagai salah satu penunjang bisnis. Langkah tersebut akan memberikan kesempatan lebih besar pada bisnis departement store menjadi core bisnis perusahaan.

"Kita perkecil supermarket bukan hanya space tapi terutama memberikan kesempatan pada produk departement store," kata Setyadi di Ashley Hotel, Jakarta, Rabu (28/3/2018).



Setelah menutup sejumlah gerai yang dirasa tidak memberikan kontribusi positif, tahun ini perusahaan mantap untuk mengusung tema baru untuk bisnisnya. Untuk itu, perusahaan menargetkan untuk melakukan peremajaan pada 20 toko.

Perusahaan sudah menganggarkan belanja modal (capital expenditure/gapex) sebesar Rp 300 miliar yang berasal dari kas internal perusahaan. Untuk menambah tiga gerai baru ini perusahaan akan menggelontorkan dana senilai Rp 150 miliar-Rp 175 miliar. Sementara sisanya akan digunakan untuk peremajaan 20 gerai lainnya di tahun ini.

Tahun ini perusahaan memproyeksikan pendapatan tumbuh di kisaran 8,3%-8,4%. Sementara untuk kontribusi dari bisnis ditargetkan tumbuh 4% dari penjualan beli putus, 8% dari penjualan konsinyasi dan minus 15% dari bisnis supermarket. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading