Bangun Pabrik Baru, Beli Bersih Asing di Saham ROTI Rp 63,8 M

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
21 March 2018 13:25
Pada sesi I perdagangan hari ini saham ROTI sudah mengalami kenaikan 0,83% menjadi Rp 1.210/saham.
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) menjadi salah satu saham favorit investor asing pada sesi pertama perdagangan hari ini. Buktinya, hingga akhir sesi I total beli bersih asing pada saham ROTI mencapai Rp 63,85 miliar.

Pada perdagangan sesi I ini saham ROTI sudah diperdagangkan sebanyak 12 kali dengan volume transaksi sebanyak 50,02 juta lembar saham. Harga saham ROTI juga menguat 0,83% atau naik 10 poin dalam penutupan perdagangan sesi I menjadi Rp 1.210/saham.

Faktor yang mendorong aksi beli yang tinggi pada saham ROTI diperkirakan karena rencana perusahaan yang akan membuka pabrik baru di kawasan Gresik dan Lampung.


Menurut keterbukaan informasi, rencana pembangunan dua pabrik baru tersebut merupakan bagian dari target perseroan dalam membangun enam pabrik yang akan dibangun di pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Dana pembangunan pabrik tersebut, didapat dari right issue atau hak memesan efek terlelbih dahulu (HMETD) yang diterbitkan pada 11 Oktober 2017 yang lalu.

Selain itu, peningkatan aksi jual beli investor asing pada saham ROTI juga ditambah dengan naiknya peringkat utang perseroan atas obligasi berkelanjutan I tahap II tahun 2015 senilai Rp 500 miliar untuk periode 8 Maret 2018 sampai dengan 1 Maret 2019.

Lembaga Pemeringkat Efek PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) tersebut menetapkan kembali peringkat utang ROTI menjadi AA- (Double A Minus).
Artikel Selanjutnya

Pasca libur Lebaran, IHSG Rontok 4,42% ke Bawah 7.000


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading