Kinerja Tak Membaik, Pefindo Turunkan Rating Utang TAXI

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
15 March 2018 13:41
Kinerja Tak Membaik, Pefindo Turunkan Rating Utang TAXI
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat utang PT Express Transindo utama Tbk (TAXI) dari BB+ menjadi BB- (double B minus) dengan prospek negatif (negative outlook). Rating ini untuk obligasi I tahun 2014 sebesar Rp 1 triliun.

Tanda minus menunjukkan bahwa peringkat yang diberika Pefindo tersebut relatif lemah dan di bawah rata-rata dengan kategori perusahaan lainnya. Peringkat yang berlaku mulai periode 12 Maret 2018 hingga 1 Maret 2019 tersebut diberikan pasca TAXI menerbitkan data dan informasi laporan keuangan per 30 September 2017.

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), menunjukkan bahwa rating tersebut mengindikasikan parameter proteksi yang lemah dibandingkan efek utang Indonesia lainnya.


Namun penurunan rating tersebut, tidak terlalu berdampak bagi harga saham TAXI. Harga saham TAXI pada penutupan perdagangan sesi I hari ini mengalami penguatan 14,86% atau 11 poin ke level harga Rp 85 per saham.


Kenaikan saham TAXI nampaknya masih dipicu oleh kebijakan penghentian sementara pendaftaran pengemudi baru untuk taksi online oleh Kementerian Perhubungan. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading