Artajasa Lepas 20% Saham ke Publik, Target Raih Rp 546,88 M

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
01 March 2018 12:56
Artajasa Lepas 20% Saham ke Publik, Target Raih Rp 546,88 M
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Artajasa Pembayaran Elektronis, penyedia jasa switching, akan melepas saham di pasar perdana (initial public offering/IPO) sebanyak 20% atau 437,50 juta saham ke publik. Dana hasil aksi korporasi ini akan digunakan perusahaan untuk mendukung implementasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Direktur Utama Artajasa Bayu Hanantasena mengatakan tingkat penetrasi layanan perbakan dan keuangan yang masih rendah membuat industri yang dijalankan perusahaan sangat menjanjikan. 

"Kami sebagai pelopor di insdustri sisyem pembayaran, melakukan rencana IPO sebagai strategi korporasi dalam mendukung GPN. Kami optimis saham kami akan diminati oleh investor karena prospek industri sistem pembayaran di Indonesia," kata Bayu dalam acara Due Diligence Meeting di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (1/3).


Harga saham perusahaan dipatok pada kisaran Rp 850-Rp 1.250 per saham. Dengan demikian perusahaan akan memperoleh dana sebesar Rp 371,87 miliar-Rp 546,88 miliar.

Harga ini mencerminkan price earning ratio (PER) 9,4 kali sampai 14 kali. Perusahaan ini akan masuk di sektor keuangan, posisi perusahaan setara dengan perusahaan switching VISA dan Master Card.

Perusahaan akan menggunakan 60% dana hasil penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) untuk membeli peralatan dan perlengkapan informasi. Sisanya untuk modal kerja perusahaan. 

Perusahaan menggandeng CLSA Sekuritas Indonesia dan Indopremier Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Perusahaan menargetkan mendaptkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 22 Maret mendatang. Masa penawaran umum akan dilaksakan pada 23 dan 26 Maret 2018. Pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pda 29 Maret 2018. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading