Internasional

Ford Alokasikan Rp 146 Triliun untuk Kembangkan Mobil Listrik

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
15 January 2018 08:15
Ford Alokasikan Rp 146 Triliun untuk Kembangkan Mobil Listrik
Detroit, CNBC Indonesia - Ford Motor Co mengalokasikan investasi untuk pengembangan kendaraan listrik senilai US$11 miliar (Rp 146 triliun) hingga tahun 2022. Perusahaan ini juga berencana memasukkan 40 kendaraan hybrid dan elektrik ke dalam daftar modelnya dalam waktu dekat, kata Direktur Utama Ford Bill Ford dalam acara pameran mobil Detroit hari Minggu (14/1/2018).

Nilai investasi itu naik tajam dibandingkan $4,5 miliar hingga tahun 2020 yang diumumkan sebelumnya dan termasuk biaya untuk mengembangkan arsitektur yang didedikasikan untuk kendaraan listrik, dilansir dari Reuters.

Biaya teknik, riset, dan pengembangan Ford tercatat $7,3 miliar di tahun 2016, naik dibandingkan $6,7 miliar tahun 2015.


Chief Executive Ford Jim Hackett mengatakan kepada investor bulan Oktober lalu bahwa perusahaannya akan mengurangi $14 miliar biayanya dalam lima tahun ke depan dan mengalihkan investasi modal dari sedan dan mesin pembakaran internal ke pengembangan truk dan mobil hybrid dan listrik.

Dari 40 kendaraan berbahan bakar listrik yang direncanakan Ford untuk lineup globalnya hingga 2022, 16 model adalah mobil listrik dan sisanya model hybrid.

“Kami mencurahkan seluruh perhatian bagi rencana ini dan kami memilih kendaraan kami yang paling terkenal dan mengubahnya jadi mobil listrik,” kata Ford kepada wartawan. “Jika kami ingin sukses dalam pengembangan mobil listrik, kami harus melakukannya dengan kendaraan yang sudah populer.”

Jim Farley, president of global markets Ford, menyatakan perusahaannya akan mengeluarkan kendaraan listrik performa tinggi pada tahun 2020. Perusahaan itu akan mulai memproduksi versi hybrid dari model kendaraan populernya, truk F-150, di pabrik Dearborn, Michigan, pada 2020.

“Hal yang kami pelajari dari pengembangan mobil listrik tahap pertama ini adalah konsumen ingin produk-produk yang sangat bagus,” kata Farley hari Minggu. (prm/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading