Telapak Kaki & Tangan Sering Dingin? Bisa Jadi Anda Alami Ini

Lifestyle - Zefanya Aprilia, CNBC Indonesia
23 January 2023 20:55
Ilustrasi asam urat (Photo by Imani Bahati on Unsplash) Foto: Ilustrasi telapak kaki dingin (Photo by Imani Bahati on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sering merasa pucat disertai dengan dinginnya telapak kaki dan tangan? Anda mungkin kekurangan zat besi.

Jika dibiarkan, kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan anemia, yaitu kondisi ketika jumlah sel darah merah atau hemoglobin di dalamnya menurun dari batas normal. Hemoglobin sendiri membawa oksigen ke seluruh tubuh. Bila tingkat sel darah merah atau hemoglobin Anda terlalu rendah, kapasitas darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh akan berkurang. Inilah yang kemudian mengakibatkan kelelahan, kelesuan, pusing, dan napas pendek.

Mengutip SCMP, sekitar 30% populasi dunia dilaporkan mengalami kekurangan zat besi. Kondisi ini mempengaruhi perempuan 3-5 kali lebih banyak dibanding laki-laki.

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan sebanyak 42% dari anak-anak berumur di bawah 5 tahun dan 40% perempuan hamil di dunia menderita anemia.

Menurut US Centres for Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, anemia telah menyebabkan 5.633 kematian di negara itu sepanjang tahun 2020.

Tetapi, kekurangan zat besi bisa dicegah dengan makan makanan yang seimbang dan beragam dengan makanan yang kaya akan zat besi. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari zat besi dalam makanan, para ahli menyarankan untuk memasukkan vitamin C dalam makanan Anda, dan waspadai makanan yang mengandung penghambat penyerapan zat besi, seperti tanin dalam teh dan kopi.

Untuk mencegah atau mengobati kekurangan zat besi, saran medis umumnya merekomendasikan makanan kaya zat besi seperti daging merah. Orang-orang dengan kondisi ini yang juga menerapkan pola makan berbasis nabati (plant-based diet) bisa beralih ke obat tradisional Tiongkok. Obat tersebut bekerja secara menyeluruh dalam menghadapi kondisi kekurangan zat besi.

Menurut praktisi pengobatan Tiongkok yang terdaftar Hong Kong, Yu Man-fung, telapak kaki dan tangan dingin juga merupakan indikasi kurangnya suplai darah dalam tubuh. Sementara itu, produksi darah dilakukan oleh organ tubuh limpa.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, diagnosis anemia dan kekurangan zat besi adalah kombinasi dari kelemahan limpa dan lambung. Untuk kondisi tersebut, Sze menyarankan konsumsi lengkeng kering atau biji teratai untuk menyehatkan jantung dan limpa.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading