Charles Sudah Jadi Raja, Kenapa Belum Boleh Pakai Mahkota?

Lifestyle - hsy, CNBC Indonesia
21 September 2022 16:45
Raja Inggris Charles memberi hormat saat meninggalkan Wellington Arch pada hari pemakaman kenegaraan dan pemakaman Ratu Elizabeth Inggris, di London, Inggris, 19 September 2022 (REUTERS/TOBY MELVILLE) Foto: Raja Inggris Charles memberi hormat saat meninggalkan Wellington Arch pada hari pemakaman kenegaraan dan pemakaman Ratu Elizabeth Inggris, di London, Inggris, 19 September 2022 (REUTERS/TOBY MELVILLE)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah wafatnya Ratu Elizabeth II pada Kamis 8 September lalu, anak tertuanya, Charles, otomatis menjadi Raja. Ia kini bergelar Raja Charles III.

Namun, prosesi pemahkotaan Charles sebagai pemimpin Kerajaan Inggris belum digelar. Karena itulah, dia belum pernah terlihat mengenakan mahkota. 

Mengutip laporan media lokal Inggris, Telegraph, sudah menjadi tradisi Istana untuk menggelar masa berkabung yang lama setelah kematian pemimpin Kerajaan Inggris. Setelah masa berkabung dirasa cukup, barulah Istana mengadakan upacara penobatan raja untuk memahkotai penguasa baru.


Prosesi pemahkotaan Raja Charles III diprediksi baru akan terjadi pada musim semi atau musim panas tahun 2023. 

Raja Inggris Charles dan Inggris Anne, Putri Kerajaan menghadiri pemakaman kenegaraan dan pemakaman Ratu Elizabeth Inggris, di London, Inggris, 19 September 2022. (REUTERS/Hannah McKay/Pool)Foto: Raja Charles III dan adiknya, Princess Anne, menghadiri pemakaman kenegaraan dan pemakaman Ratu Elizabeth Inggris, di London, Inggris, 19 September 2022. (REUTERS/Hannah McKay/Pool)



Alasan lain kenapa prosesi kuno itu baru akan digelar tahun depan adalah karena ada serangkaian upacara formal dan tradisional yang persiapannya membutuhkan waktu panjang. 

Istana Buckingham terakhir kali menggelar upacara pemahkotaan untuk mendiang Ratu Elizabeth II pada 2 Juni 1953, atau lebih dari satu tahun setelah Sang Ratu naik takhta pada 6 Februari 1952.

Bagaimana proses penobatan resmi Raja Charles III?

Raja akan dimahkotai bersama Permaisurinya, Camilla.

Sama seperti Ratu Elizabeth II, Raja Charles akan dimahkotai dengan Mahkota St Edward, yang terbuat dari emas murni dan memiliki lebih dari 400 batu permata, termasuk rubi, garnet, dan safir.

Charles akan duduk di Singgasana Pemahkotaan, yang dikenal sebagai Kursi Edward, sambil memegang tongkat dan bola penguasa Inggris, untuk mewakili kendalinya atas bangsa Inggris dan untuk mewakili dunia Kristen.

Setelah diurapi, diberkati, dan ditahbiskan oleh Uskup Agung, Charles akan menerima mahkota St Edward di kepalanya. Prosesi ini secara resmi menobatkannya sebagai Raja Charles III.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jari Bengkak Raja Charles III Jadi Sorotan, Apa Penyebabnya?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading