4 Cara Sederhana Atasi Gejala Covid-19 Saat Isoman

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 August 2022 17:05
Sejumlah warga mengikuti program vaksin di SMA Percik Jakarta, Kamis, 10/6. Sasaran vaksinasi COVID-19 kini diperluas hingga kelompok usia 18 tahun ke atas. Saat ini, baru DKI Jakarta yang secara terbuka menyasar kelompok usia 18 tahun ke atas dalam program vaksinasi COVID-19. Kementerian Kesehatan dalam suratnya untuk Dinas Kesehatan DKI menyebut ada beberapa pertimbangan soal itu. Salah satunya, kasus aktif di DKI terhitung tinggi dalam beberapa waktu belakangan yakni 7,62 persen dalam sepekan terakhir. Dari angka tersebut, 35 persen kasus positif memiliki gejala sedang hingga kritis dan perlu dirawat di rumah sakit. Vaksinasi COVID-19 untuk kelompok 18 tahun ke atas di DKI akan menggunakan vaksin AstraZeneca. Tidak ada pertimbangan khusus, mengingat DKI memang mendapat banyak alokasi vaksin jenis tersebut. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki) Foto: Ilustrasi (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kebanyakan pasien COVID-19 mengalami gejala ringan dan sedang sehingga bisa melakukan perawatan di rumah. Selain obat antivirus yang bisa didapatkan secara gratis, ternyata ada beberapa cara sederhana yang direkomendasikan para ahli untuk mengatasi gejala COVID-19 saat isolasi mandiri (isoman).

Penelitian awal menunjukkan bahwa dibutuhkan waktu hingga 2 minggu bagi tubuh Anda sampai gejala ringan hilang. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa waktu pemulihan bervariasi untuk orang yang berbeda, tergantung pada kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. 


Berikut adalah obat alami atasi gejala COVID-19 menurut ahlinya mengutip Everyday Health.

1. Sulit bernapas

Jika Anda mengalami gejala dispnea ringan atau sedang (kesulitan bernapas), Anda disarankan untuk berbaring tengkurap atau telungkup, daripada telentang. Namun, jika gejala tidak membaik, Anda wajib memeriksakan diri ke dokter. 

2. Batuk

Untuk membantu mengatasi batuk, cobalah minum air hangat atau teh panas dengan perasan lemon. Pasien dengan gejala batuk juga boleh mengonsumsi obat batuk yang bisa dibeli bebas di apotek

3. Dehidrasi

Untuk mengurangi risiko dehidrasi, minumlah air putih setidaknya 8 gelas atau sekitar 2 liter air setiap hari. Jika Anda banyak berkeringat karena demam, Anda boleh meminum air yang mengandung elektrolit. 

4. Kehilangan nafsu makan

Untuk membuat makan lebih mudah, pilihlah makanan yang mudah dicerna, seperti sup kaldu sayuran, alpukat, atau roti panggang. Hilangnya indera penciuman dan perasa bisa membuat makanan tidak menggugah selera, namun nutrisi yang baik akan membantu proses pemulihan Anda.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Anda Positif Omicron? Coba 7 Cara Ini Agar Cepat Sembuh!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading