Jakarta Dikepung Covid, Ini 10 Cara Agar Tak Tertular Corona

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 August 2022 11:20
Kasus infeksi Covid-19 di Australia kembali melonjak, dengan ratusan ribu orang dilaporkan terinfeksi virus tersebut tiap minggunya. Otoritas kini telah meminta pengusaha untuk mengizinkan para pekerja kembali bekerja dari rumah (WFH) dan menggunakan masker untuk menekan angka penularan. (Getty Images/Lisa Maree Williams) Foto: (Getty Images/Lisa Maree Williams)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia tengah mengalami tren kenaikan kasus Covid-19 yang disebabkan oleh subvarian baru Omicron, yakni BA.4 dan BA.5. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, dua subvarian tersebut bahkan sudah mendominasi kasus Covid-19 yang ada di DKI Jakarta 

"Sekarang di Indonesia BA.4 BA.5 tuh sudah lebih dari 80 persen dari varian yang kita genome equence, bahkan untuk di DKI Jakarta sudah 100 persen itu adalah varian BA.4 BA.5," kata Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Untuk mencegah bertambahnya jumlah kasus baru dan angka kematian, ada beberapa cara mencegah virus Corona yang bisa dilakukan. Berikut di antaranya, dirangkum dari berbagai sumber.


1. Mencuci Tangan

Tetap rajin mencuci tangan dengan sabun. Jangan lupa mencuci tangan sesaat, sebelum dan setelah menyiapkan makanan, dan saat akan makan. Begitu juga saat menyentuh beda yang sudah disentuh orang lain, ke toilet, hingga menyentuh sampah.

2. Menggunakan Masker

Gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Pastikan hidung, dagu, dan mulut tertutup. Pastikan jenis masker yang Anda pakai sudah sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan. 

3. Tutup mulut saat bersin dan batuk

Seperti yang diketahui, virus Corona bisa menyebar lewat droplet yang keluar saat batuk ataupun bersin. Cara mencegah agar virus Corona tidak menyebar lewat jalur tersebut adalah menutup mulut dan hidung saat bersin maupun batuk. Hal ini bertujuan agar kuman penyakit maupun virus yang mungkin ada di dalam tubuh tidak dengan mudah menyebar dan menular ke orang lain.

4. Meminimalisir Kontak Fisik

Masyarakat diminta meminimalisir berkontak fisik dengan orang lain. Hindari berjabat tangan, memeluk, dan mencium. 

5. Konsumsi Makanan Sehat

Menjaga diri dari penularan Covid juga harus dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta hindari konsumsi berlebih gula, garam, dan lemak. Untuk memastikan kebersihannya, usahakan konsumsi makanan yang diolah sendiri.

6. Minum Air yang Cukup

Perbanyak minum air putih, Sebaiknya konsumsi air sebanyak 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari.

7. Berolahraga

Aktivitas fisik seperti berolahraga dapat memperkuat ketahanan tubuh. Ini penting agar Anda tidak mudah terserang virus. Tak perlu olahraga berat, Anda bisa melakukan peregangan atau berjalan kaki selama 15 menit. Lakukan 2-3 kali seminggu. 

8. Tidur Cukup

Manusia membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk memperbaiki sel yang rusak dan mengembalikan fungsi tubuh. Pastikan Anda tidur 7-10 jam per hari.

9. Hindari stress

Hindari stress dan jangan panik berlebihan agar imunitas tubuh tetap terjaga.

10. Jaga jarak

Cara mencegah virus Corona lainnya adalah dengan menerapkan social distancing atau jaga jarak dengan orang lain, setidaknya satu meter. Kenapa dengan jaga jarak? Ini karena saat pasien COVID-19 batuk atau bersin, mereka akan mengeluarkan droplet dari hidung maupun mulut yang mengandung virus Corona. Jika jarak antara Anda dengan pasien dekat, bisa jadi virus itu berpindah dan menularkan ke Anda. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukan Demam, 5 Gejala Covid-19 Omicron yang Sering Dikeluhkan


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading