Ridwan Kamil 'Sentil' Baim Wong Soal Citayam Fashion Week

Lifestyle - Halimatus Sadiyah, CNBC Indonesia
25 July 2022 12:22
Sejumlah anak muda berjalan di kawasan Taman Sudirman, Jakarta, Kamis (7/7/2022). Tempat ini viral karena jadi ajang adu fashion anak muda yang berasal dari kawasan pinggir wilayah Jakarta seperti Citayam, Bekasi hingga Bojong Gede. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki) Foto: Sejumlah anak muda berjalan di kawasan Taman Sudirman, Jakarta, Kamis (7/7/2022). Tempat ini viral karena jadi ajang adu fashion anak muda yang berasal dari kawasan pinggir wilayah Jakarta seperti Citayam, Bekasi hingga Bojong Gede. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menulis pesan untuk Baim Wong yang tengah menuai kontroversi karena mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kementerian Hukum dan HAM. Kang Emil, sapaan akrabnya, menilai apa yang dilakukan Baim tidak perlu karena justru bisa merusak orisinalitas gerakan rakyat tersebut. 

"Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula," tulisnya, di akun Instagram @ridwankamil, Senin (25/7/2022). 

Lebih lanjut, Kang Emil juga khawatir gerakan Citayam Fashion Week bisa mati muda karena kehilangan tujuan dan maksudnya apabila diformalkan. Apalagi yang mendaftarkan hak kekayaan intelektual (HAKI) Citayam Fashion Week adalah pihak luar, bukan pelaku street fashion itu sendiri.


Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial.Ridwan Kamil

 

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew, bukan Haute Couture."

Ridwan Kamil memandang Citayam Fashion Week adalah bentuk ekspresi anak muda yang tak perlu diotak-atik. Ia ingin anak-anak muda itu tetap memiliki ruang ekspresi yang bebas tanpa ada campur tangan pihak lain. 

Jika pada akhirnya anak-anak muda tersebut ingin membuat Citayam Fashion Week lebih terorganisasi, sambung Kang Emil, maka merekalah pihak yang paling berhak untuk melakukan itu, bukan orang lain di luar komunitasnya. 

Sejumlah anak muda berjalan di kawasan Taman Sudirman, Jakarta, Kamis (7/7/2022). Tempat ini viral karena jadi ajang adu fashion anak muda yang berasal dari kawasan pinggir wilayah Jakarta seperti Citayam, Bekasi hingga Bojong Gede. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)Foto: Sejumlah anak muda berjalan di kawasan Taman Sudirman, Jakarta, Kamis (7/7/2022). Tempat ini viral karena jadi ajang adu fashion anak muda yang berasal dari kawasan pinggir wilayah Jakarta seperti Citayam, Bekasi hingga Bojong Gede. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)



"Anda [Baim Wong] dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya."

Seperti diketahui, Baim Wong lewat perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kementerian Hukum dan HAM untuk mendaftarkan hak atas penyelenggaraan acara tersebut. Dalam permohonan perusahaan Baim Wong, Citayam Fashion Week disebut sebagai hiburan dalam peragaan busana hingga podcast.

Dia memastikan pendaftaran ini semata-mata agar Citayam Fashion Week menjadi ajang yang legal.

"Citayam Fashion Week ini bukan milik saya. Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat tren ini menjadi wadah yang legal dan nggak musiman. Dan yang paling penting bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," ujar Baim Wong melalui Instagram pribadinya, Senin (25/7/2022).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gerak Cepat, Baim Wong Daftarkan Merk Citayam Fashion Week


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading