Gejala Kolesterol Tinggi yang Muncul di Kaki, Sudah Coba Cek?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
03 June 2022 14:35
Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anda sering merasakan keram di kaki? Bisa jadi itu adalah pertanda bahwa kadar kolesterol dalam darah Anda sedang tinggi. 

Kolesterol sendiri merupakan zat lilin seperti lemak yang diproduksi oleh hati dan sel-sel tubuh lainnya. Tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk menghasilkan hormon, vitamin D, dan asam empedu. Namun, kadar kolesterol yang berlebihan bisa memicu sejumlah masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung. 

Salah satu gejala kolesterol tinggi bisa terlihat dari kaki yang ditandai dengan keram. Gejala ini dirasakan sering kali pada bagian tumit, kaki bagian depan, dan jari kaki. Gejala keram tersebut bisa makin parah saat Anda tidur di malam hari.


Menggantungkan kaki dari tempat tidur atau duduk bisa menjadi pilihan untuk meredakan keram karena akan membantu darah mengalir ke bawah akibat gaya gravitasi.

Kemudian ada juga gejala nyeri pada paha hingga betis. Rasa sakit ini kerap terjadi saat berjalan, meskipun dalam jarak dekat.

Perubahan pada warna kulit maupun kuku dan kaki terasa dingin juga sering terjadi pada orang dengan kolesterol tinggi. Itu lantaran kurangnya oksigen dan nutrisi yang cukup.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ciri Kolesterol Tinggi Terlihat Jelas di Kaki, Sudah Cek?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading