Waspada! 2 Gejala Long Covid Ini Bisa Bertahan Sampai 9 Bulan

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 May 2022 10:55
Medical staff  transport Francisco España, 60,  to see the Mediterranean sea, at the

Jakarta, CNBC Indonesia - Para penyintas Covid-19 berpotensi mengalami Long Covid-19. Long Covid sendiri merupakan sebuah kondisi yang terjadi pada pasien yang dinyatakan telah sembuh dari Covid-19. Pada kondisi ini, penyintas akan mengalami gejala yang menetap setelah sembuh.

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Infection, ada beberapa gejala yang bertahan meski pasien telah dinyatakan sembuh. Gejala ini bahkan ditemukan bertahan hingga sembilan bulan.

Peneliti melibatkan 465 pasien Covid-19 bergejala berusia di atas 18 tahun. Peserta dinyatakan positif Covid-19 di Verona University Hospital, Italia, selama periode 29 Februari-2 Mei 2020.


Peneliti menemukan, 37 persen peserta memperlihatkan setidaknya empat gejala. Sebanyak 42 persen di antaranya melaporkan gejala yang berlangsung selama lebih dari 28 hari.

Selain itu, ditemukan juga 20 persen pasien masih melaporkan gejala long Covid yang bertahan hingga 9 bulan. Pada momen ini, ada dua gejala klasik yang teramati.

Gejala tersebut yakni:

- kelelahan dan napas yang terasa tidak lega;
- tekanan psikologis

Seperti diketahui, sejumlah penelitian telah menemukan bahwa Covid-19 dapat menyebabkan kelelahan yang bertahan lama. Ulasan yang diterbitkan dalam Open Forum Infectious Disease menemukan sebanyak 46 persen pasien melaporkan gejala lelah selama berbulan-bulan setelah dinyatakan sembuh.

Studi baru-baru ini juga menemukan, sesak napas atau napas yang terasa tidak lega juga ditemukan sebagai gejala long Covid yang berlangsung lama. Sekitar 20 persen penyintas mengalaminya hingga sembilan bulan setelah pemulihan.

Selain itu, tekanan psikologis juga ditemukan sebagai gejala long Covid yang bertahan 9 bulan. Penelitian mencatat bahwa sebanyak 19 persen pasien melaporkan tekanan psikologis hingga bulan kesembilan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Batuk Pilek Usai Long Weekend? Awas! Bisa Jadi Gejala Omicron


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading