15 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Secara Alami, Tanpa Obat!

Lifestyle - Mardiana Ayu Kusnadi, CNBC Indonesia
12 May 2022 18:20
kolesterol (Nataliya Vaitkevich via Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kolesterol adalah salah satu zat lemak yang berperan penting untuk metabolisme tubuh. Zat lemak ini membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Jika kadarnya terkontrol, kolesterol dalam darah bermanfaat bagi kesehatan karena membantu membangun sel-sel baru agar tubuh Anda bisa tetap berfungsi secara normal.

Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). LDL atau low-density lipoprotein dikenal sebagai kolesterol jahat karena memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan jika kadarnya melebihi batas normal. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka dapat berbahaya bagi tubuh karena dapat memicu penyakit kardiovaskular terutama jantung.



Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami


Kolesterol yang tinggi dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan berlemak, meminum alkohol, mengalami obesitas, jarang berolahraga, dan faktor genetik. Menurut penelitian, kadar kolesterol total orang dewasa normalnya di bawah 200 mg/dL.

Jika hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan kadar kolesterol Anda di atas normal, berikut 15 cara menurunkan kolesterol jahat secara alami tanpa obat:

1. Hindari Gorengan

Minyak goreng juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Makan gorengan sebenarnya bukan tidak boleh sama sekali, melainkan harus dibatasi dan dibarengi dengan makanan yang sehat serta bergizi seimbang. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi gorengan, sebaiknya buatlah sendiri gorengan di rumah daripada membelinya.

2. Kurangi Konsumsi Daging Sapi

Dalam 100 gram daging sapi, terdapat lemak total sekitar 12-42 gram dan 78-94 mg kolesterol. Meski mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi, daging sapi sebenarnya masih menyimpan banyak manfaat untuk tubuh, seperti sumber protein, zat besi, dan vitamin yang diperlukan tubuh. Dengan kata lain, penderita kolesterol tinggi masih boleh makan menu ini selama tidak berlebihan dan mengonsumsinya dengan cara yang tepat.


3. Konsumsi Minyak Zaitun

Lemak baik yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol jahat. Maka dari itu, jika Anda gemar mengonsumsi tumisan atau makanan yang mengandung minyak, gunakanlah minyak zaitun.

4. Kurangi Lemak Jenuh

Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah. Sebaiknya Anda mengurangi konsumsi produk makanan hewani, seperti daging merah, kulit ayam, mentega, keju, dan minyak goreng karena dalam produk tersebut banyak mengandung lemak jenuh.

5. Mengonsumsi Alpukat

Mengonsumsi alpukat bisa menjadi cara menurunkan kolesterol. Buah alpukat mengandung vitamin K, C, B5, B6, E, dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida darah.

6. Mengonsumsi Apel

Cara menurunkan kolesterol berikutnya dengan perbanyak konsumsi apel. Studi yang dipublikasikan di International Journal of Preventive Medicine pada 2011 menyebut konsumsi 300 gram apel setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan kolesterol tinggi. Hal tersebut disebabkan kandungan polifenol dan serat dalam apel yang ampuh membasmi kolesterol tinggi.

Konsumsi Lemon dan Teh Hijau...
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading