Golongan Darah Ini Sulit Turunkan Berat Badan, Kamu Termasuk?

Lifestyle - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
29 April 2022 13:40
Ilustrasi (Photo by i yunmai on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak diet dan rencana latihan yang menjanjikan untuk membantu seseorang menurunkan berat badan. Namun, dari sekian cara itu, ada yang membuahkan hasil dan ada juga yang berujung kegagalan.

Barangkali Anda pernah bertanya-tanya mengapa seseorang bisa dengan mudah menurunkan berat badan, sedangkan yang lainnya perlu banyak berjuang. Rupanya golongan darah memiliki peranan penting dalam rangka penurunan berat badan.

Konsultan Ahli Gizi Seema Khanna mengatakan orang dengan golongan darah AB+ dan AB- merasa paling sulit untuk menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena mereka yang memiliki golongan darah ini tidak dapat mengubah kebiasaan makannya dengan mudah.


Adapun mereka yang dapat dengan mudah mengubah kebiasaan makan demi menurunkan berat badan adalah orang-orang dengan golongan darah O+ dan B+. Menurut Dr. Seema, orang dengan golongan darah B+ memiliki Basal Metabolic Rate (BMR) yang lebih tinggi sehingga mereka tidak pernah mendapatkan terlalu banyak berat badan.

"Bagi mereka (golongan darah A), kenaikan atau penurunan berat badan tergantung pada genetika mereka," kata Dr. Seema dikutipĀ timesofindia, Jumat (29/4/2022).

Untuk menyiasati hal ini, diet golongan darah bisa menjadi alternatif solusi bagi orang yang selalu gagal dalam program pengurangan berat badan.

Dr Peter D'Adamo, penulis 'Eat Right for Your Type' menyebut makanan yang dikonsumsi bereaksi dengan darah dan dengan mengonsumsi makanan yang dirancang khusus untuk golongan darah Anda dapat membantu mencernanya dengan cepat. Menurut Peter, mengikuti diet golongan darah akan membantu Anda menurunkan lebih banyak berat badan, membantu mencegah penyakit, dan memiliki lebih banyak energi.

Dia bahkan mengklaim bahwa dengan makan sesuai golongan darah, orang bisa lebih sehat, hidup lebih lama, dan mencapai berat badan ideal.

Adapun berikut diet berdasarkan golongan darah menurut Peter:

Golongan Darah O

Orang dengan golongan darah O harus makan makanan berprotein tinggi, banyak sayuran, dan ikan. Namun harus membatasi konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian.

Mereka juga harus makan makanan laut, daging merah, brokoli, bayam, dan minyak zaitun untuk menurunkan berat badan. Sedangkan makanan yang harus dihindari adalah susu, jagung, dan gandum.

Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A harus memilih sayuran, buah-buahan, tahu, kalkun, biji-bijian, dan makanan laut, serta menghindari daging. Untuk menurunkan berat badan, Anda harus makan lebih banyak nanas, minyak zaitun, makanan laut, sayuran, dan kedelai.

Anda juga harus menghindari makan susu, jagung, kacang merah dan gandum.

Golongan Darah B

Golongan darah B orang harus memilih diet yang beragam, meliputi daging, buah, makanan laut, susu, dan biji-bijian. Untuk menurunkan berat badan Anda harus makan lebih banyak sayuran hijau, hati, telur, dan licorice.

Adapun makanan yang perlu dihindari adalah jagung, ayam, gandum, dan kacang tanah.

Golongan Darah AB

Orang dengan golongan darah AB perlu mengonsumsi susu, domba, tahu, ikan, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Untuk menurunkan berat badan Anda harus makan lebih banyak tahu, makanan laut, sayuran hijau, dan rumput laut.

Sedangkan ayam, jagung, kacang merah, dan mi adalah makanan yang harus dihindari.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Musuh Besar Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Meroket!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading