Lakukan Hal Ini Jika Tak Ingin Lebaranmu Jadi Lebar-an!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 April 2022 11:45
Ilustrasi (Photo by happyveganfit via Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Umat Muslim akan segera merayakan Hari Raya Idul Fitri dalam beberapa hari lagi. Di Hari Kemenangan, biasanya akan ada makanan wajib Lebaran seperti rendang, opor, ketupat, kue kering maupun kue basah serta minuman menyegarkan.

Sayangnya, sajian tersebut mengandung banyak kalori dan memiliki kandungan lemak yang tinggi. Ini tentu bisa menjadi halangan bagi Anda yang sedang diet.

Namun, jangan khawatir, Anda tetap bisa menjaga berat badan dan menikmati momen lebaran tanpa takut menjadi 'lebar-an' dengan tips-tips berikut:


1. Batasi jenis makanan tertentu

Hati-hati risiko peningkatan kolesterol mengintai saat Lebaran. Makanan yang bersantan mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, makanan manis seperti kue kering juga perlu dibatasi apalagi buat yang menderita diabetes. Bagi yang tidak memiliki diabetes, makanan manis bisa memicu berat badan berlebih dan kerusakan gigi.

2. Kunyah makanan secara perlahan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition mengungkap bahwa makan perlahan membantu tubuh cepat kenyang. Hal tersebut terjadi karena tubuh merespons sinyal kenyang yang dikirim otak dengan baik. Dengan makan secara perlahan, Anda bisa mengerem nafsu makan yang berlebihan.

3. Makan di piring berukuran kecil

Percaya enggak kalau ukuran piring ternyata bisa mempengaruhi sebanyak apa makanan yang Anda konsumsi?

Sebuah studi yang dilakukan Cornell University di Amerika Serikat mengungkap bahwa makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan 2 pound atau 0,9 kg per bulan. Hal ini terjadi karena saat makan di piring kecil, otak akan menerima isyarat visual bahwa Anda sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan. Karena itu, usahakan pakai piring berukuran kecil saat mengambil makanan ya!

4. Jangan makan sambil menonton televisi

Makan sambil menonton film atau series favorit memang menyenangkan. Namun, kebiasaan ini ternyata tidak bagus untuk tubuh Anda, lho! Makan sambil menonton televisi bisa mengganggu konsentrasi karena otak akan kesulitan menyadari sebanyak apa makanan yang sudah masuk ke tubuh. Karena itu, berikan perhatian yang lebih pada makanan yang sedang Anda santap supaya berat badan tetap terjaga.

5. Konsumsi sayur dan buah

Cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah selama masa libur Lebaran sehingga kebutuhan serat terpenuhi. Konsumsi serat bisa membantu tubuh merasa cepat kenyang sehingga mencegah Anda makan berlebih. Selain itu konsumsi serat juga bisa memperlancar pencernaan dan mencegah konstipasi atau sembelit.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Diet Usai Pesta Tahun Baru? Cek Tips dari Nutritionist Ini!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading