Arti Kedutan Kelopak Mata Kanan Atas, Benar Mau Dapat Rezeki?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 May 2022 14:45
Ilustrasi Mata ( Ist Pexels)

Mengutip dari jurnal National Center for Biotechnology Information, untuk mengatasi kedutan pada kelopak mata kanan atas, pasien direkomendasikan untuk istirahat dan mengurangi faktor-faktor resikonya seperti minum alkohol, merokok, dan asupan kafein.

Dalam kasus myokymia secara persisten selama lebih dari tiga bulan, mungkin diperlukan penanganan lebih lanjut. Suntikan toksin botulinum atau botoks merupakan pengobatan tahap pertama dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Namun, umumnya kedutan kelopak mata kanan atas dapat dicegah dengan mengurangi penyebabnya secara umum seperti stres, kelelahan, dan kafein. Anda juga bisa mencoba untuk mengelola stres agar otot-otot tubuh menjadi lebih rileks secara keseluruhan.


Jika Anda merasa penyebab kelopak mata kanan atas berkedut karena kurang tidur, cobalah untuk mencoba mengatur jadwal tidur menjadi sedikit lebih awal dan tingkatkan secara bertahap. Selain itu, mengontrol jumlah konsumsi kafein seperti kopi, teh, soda, atau minuman energi juga sangat membantu. Mulai membiasakan dengan mengonsumsi air putih agar kebiasaan minum kafein bisa memudar perlahan.

Namun, jika kedutan di kelopak mata kanan atas terasa sudah tidak nyaman, Anda bisa menekan area mata dengan telapak tangan yang bersih selama beberapa menit atau mengompresnya dengan air hangat.

Jika sudah mengalami gejala-gejala berikut, segera konsultasikan ke dokter, seperti:

  • Kedutan kelopak mata kanan atas terus menerus selama beberapa minggu

  • Kelopak mata tertutup saat terjadi kedutan dan terasa sulit untuk membukanya

  • Kelopak mata menjadi terkulai

  • Kedutan kelopak mata kanan atas terus menerus yang diikuti dengan bagian yang lain, seperti pipi. Hal ini mengindikasikan terjadi gejala kelainan saraf lainnya

  • Terjadi radang atau iritasi mata, bengkak, atau mengeluarkan kotoran secara terus menerus


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading