Rahasia yang Bikin Orang Okinawa Panjang Umur, Bisa Ditiru!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
11 May 2022 20:52
FILE PHOTO: Girls wearing the yukata, or casual summer kimono, run as they cross the road at a shopping district in Tokyo, Japan, July 20, 2018. REUTERS/Kim Kyung-Hoon/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Wilayah Okinawa di Jepang dikenal punya banyak penduduk yang usianya di atas 100 tahun. Para warganya dilaporkan punya kebiasaan sehat yang membuat awet muda dan berumur panjang. 

Penduduk Okinawa lebih aktif bergerak dan makan makanan sehat setiap hari. Tidak hanya itu, ternyata ada satu praktik kuno nan sederhana yang bisa ditiru untuk memperpanjang usia: duduk di lantai.

Masyarakat Okinawa senantiasa duduk di lantai untuk melakukan banyak aktivitas sehari-hari, mulai dari beristirahat, membaca, berkumpul bersama orang terkasih, hingga makan.


Lalu, apa hubungan aktivitas di lantai dengan kesehatan dan vitalitas mereka?

Mengutip situs bluezones.com, dalam sehari, orang Okinawa duduk di lantai dan berdiri berkali-kali lebih banyak daripada orang-orang dari wilayah lain di dunia.

"Cara ini melatih kaki, punggung, dan otot inti mereka secara alami saat mereka berdiri dan duduk sepanjang hari," demikian bunyi keterangan di situs tersebut.

Tidak seperti orang Jepang pada umumnya, penduduk Okinawa lebih sedikit mengonsumsi nasi putih. Sumber kalori utama mereka berasal dari ubi jalar, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran.

Penduduk tradisional Okinawa gemar mengonsumsi makanan nabati yang tinggi antioksidan karena dinilai sebagai agen anti-inflamasi yang kuat untuk mendorong umur lebih panjang. Hal inilah yang membuat penduduknya bisa hidup sampai usia mencapai lebih dari 100 tahun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gokil! Fans di Jepang Kirim Kado Valentines ke Karakter Game


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading