Jangan Salah! 5 Minuman Ini Justru Bisa Bikin Dehidrasi

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
10 May 2022 15:45
Ilustrasi Soda (Designed by Racool_studio / Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa hari belakangan ini, suhu di sejumlah kota di Indonesia sedang panas-panasnya. Saat matahari bersinar terik, paling nikmat mendinginkan tubuh dengan menenggak es teh manis.

Namun, Anda mungkin tidak menyangka kalau ada sejumlah minuman yang justru bisa bikin dehidrasi. Alih-alih tambah segar, Anda justru akan merasa makin haus. Minuman apa saja?


1. Es teh manis

Tidak ada yang lebih menyegarkan daripada minum segelas es teh dingin di hari yang terik. Meskipun pada kenyataannya es teh manis bisa membuat Anda jadi tambah haus. Ini karena efek teh yang mengandung kafein bisa membuat seseorang lebih sering pipis sehingga bisa memicu dehidrasi. 

"Minuman dengan gula dan kafein biasanya akan membuat Anda dehidrasi," kata ahli gizi Shena Jaramillo, dikutip dari Eat This Not That.

"Beberapa minuman yang mungkin tidak disangka bisa membuat Anda dehidrasi adalah minuman seperti es teh. Minuman ini sering dikaitkan dengan "pelepas dahaga" tetapi pada kenyataannya dapat membuat Anda justru butuh lebih banyak minum."

2. Jus buah

Beberapa orang mungkin terkejut saat mengetahui efek dehidrasi dari jus buah. Ketika buah-buahan diproses menjadi jus buah, sebagian besar nutrisinya hilang, namun gulanya tetap ada."

"Gula ini bertindak mirip dengan gula meja biasa ketika masuk dalam darah," kata ahli gizi Mariam Eid.

Ketika minuman manis dikonsumsi secara berlebihan, gula dengan cepat mendarat di aliran darah dan meningkatkan kadar gula darah Anda. Kenaikan gula darah yang cepat ini membuat tubuh waspada untuk mengaktifkan semua mekanisme penurun gula darah, termasuk ekskresi gula melalui urine, terutama ketika perut dalam keadaan kosong. Saat tubuh lebih sering mengeluarkan urine, Anda tentu akan lebih cepat haus dan dehidrasi.

3. Soda

Minuman bersoda yang baru keluar dari kulkas kerap menjadi pilihan pelepas dahaga. Namun, kalau Anda tidak mau dehidrasi, sebaiknya hindari minuman tersebut.

"Mengonsumsi minuman berpemanis bisa membuat Anda merasa lebih haus dari biasanya," kata ahli gizi Natalie Clair.

Secara alami, soda akan meningkatkan kadar gula darah Anda. Ketika gula darah atau glukosa darah naik, tubuh akan mengambil air dari sel-sel kita sebagai upaya untuk mengembalikan kadar glukosa darah normal. Ketika sel-sel kehilangan air, otak mendapat sinyal bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak air, menyebabkan rasa haus yang meningkat.

4. Minuman energi 

Sama seperti soda, minuman energi mengandung gula, serta kafein dan bahan kimia lain yang dapat membuat Anda dehidrasi dalam jangka panjang.

"Menurut CDC, minuman energi tidak hanya dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan tetapi juga dapat menyebabkan dehidrasi," kata ahli gizi Johna Burdeos, RD.

"Ini karena minuman energi biasanya mengandung kafein, gula, dan bahan kimia serta aditif dalam jumlah tinggi. Dalam tinjauan sistemik dan meta-analisis baru-baru ini yang diterbitkan di Sports Health, para peneliti melihat potensi efek buruk dari konsumsi minuman energi. Mereka meninjau 32 penelitian dengan 96.549 peserta dan menemukan beberapa efek samping termasuk peningkatan buang air kecil."

5. Kopi

Kopi dan kafein dianggap sebagai penyebab dehidrasi, tetapi untuk menyiasatinya Anda dapat menambah asupan air putih.

"Siapa pun yang ingin mengurangi asupan kopi atau kafein harus terlebih dahulu mengevaluasi jumlah air yang mereka konsumsi. Keseimbangan yang aman dan sehat dapat dicapai antara kedua minuman tersebut. Sebagai aturan praktis untuk mencegah dehidrasi, Anda harus minum secangkir air untuk setiap cangkir kopi atau minuman berkafein," ujar ahli gizi Trista Best.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading