Penampakan Kereta Cepat Baru China, Shinkansen Jepang Lewat?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
11 May 2022 15:15
Kereta Cepat China, high-speed Maglev train (Reuters TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - China memamerkan prototipe kereta Maglev berkecepatan tinggi jenis terbaru yang mampu mencapai kecepatan 620 kilometer per jam. Maglev melampaui kereta cepat kebanggaan Jepang, Shinkansen, yang hanya mampu melaju di kecepatan maksimum 320 kilometer per jam. 

Melansir CNN Internasional, Maglev berjalan dengan kekuatan superkonduktor suhu tinggi (HTS) yang membuat kereta supercepat tersebut tampak seolah-olah mengambang di sepanjang rel magnet.

Prototipe ramping sepanjang 21 meter dipamerkan ke media di kota Chengdu, Provinsi Sichuan. Selain itu, para peneliti China membangun rel sepanjang 165 meter untuk menunjukkan bagaimana tampilan kereta ketika berada di atas rel.


Profesor He Chuan, dari Universitas Jiaotong Barat Daya yang mengerjakan prototipe, mengatakan bahwa kereta itu ditargetkan bisa beroperasi dalam 3-10 tahun mendatang.

"Sichuan memiliki sumber daya tanah yang sangat bermanfaat bagi konstruksi trek magnet permanen kami, sehingga mendorong pengembangan eksperimen yang lebih cepat."

Hingga saat ini, China masih memegang rekor sebagai negara yang memiliki kereta api berkecepatan tinggi terbesar di dunia, yang membentang lebih dari 37.000 kilometer, dan kereta api komersial tercepat, Shanghai maglev.

Kereta Maglev berkecepatan tinggi pertama kali beroperasi pada 2003. Berjalan di kecepatan tertinggi 431 kilometer per jam, kereta itu menghubungkan Bandara Pudong Shanghai dan Jalan Longyang di sisi timur Shanghai.

Belum lama ini, China meluncurkan jalur kereta api berkecepatan tinggi baru sepanjang 174 kilometer yang menghubungkan Beijing dengan kota tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2022 Zhangjiakou, memangkas waktu tempuh antara kedua kota dari 3 jam menjadi hanya 47 menit.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Canggih! Ini Mobil Listrik Baru Asal China dengan Kacamata


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading