Bukan Main, China Bangun Jalur Kereta Lingkari Padang Pasir

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
16 June 2022 20:52
Ilustrasi (Photo by Ingo Joseph)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China pada Kamis, (16/6/2022) telah membuka jalur kereta api baru di wilayah otonomi Xinjiang. Rel kereta itu merupakan rangkaian dari jalur yang mengitari Gurun Pasir Taklamakan.

Media Pemerintah China, China Daily, melaporkan bahwa jalur terbaru yang dibuat itu menghubungkan Kota Hotan dengan Kabupaten Ruoqiang di prefektur otonomi Bayingolin Mongol. Ini merupakan bagian dari sesi Selatan jalur lingkar Gurun Taklamakan.

"Jalur tersebut, dengan kecepatan yang dirancang 120 km/jam, menghubungkan ke rel Korla-Kashgar, Kashgar-Hotan dan Golmud-Korla, membentuk jalur lingkar sepanjang 2.712 km yang mengelilingi Taklamakan," tulis media itu.


Memiliki 22 stasiun, setengah dari jalur tersebut menyediakan layanan penumpang. Dengan adanya jalur ini, perjalanan dari Hotan ke Ruoqiang sekarang memakan waktu sekitar 11,5 jam.

Mulai dibangun pada 2018 lalu, konstruksi rel ini dirancang dengan sistem prefabrikasi 434 tiang jembatan yang kemudian dirakit di lokasi.

"Sekitar 65 persen dari jalur baru 534 km itu berada di zona pasir dan badai, yang membuat konstruksi menjadi sangat sulit," tambah media itu.

Dengan adanya jalur ini, Wilayah Otonomi Xinjiang, yang dihuni mayoritas etnis Uighur Muslim, memiliki tiga jalur kereta penghubung dengan pusat ekonomi negara itu yang sebagian besar berada di wilayah Timur.

Nantinya, jalur ini akan membawa layanan kereta api ke beberapa tempat baru di Xinjiang selatan. Ini diharapkan akan mampu meningkatkan pembangunan sosial ekonomi dan mempromosikan pedesaan di wilayah tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Mempan Pandemi, Hermes Bak Kacang Goreng di China


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading