Ini Bukti Kalau Masker Sudah Jadi Bagian Dari Hidup

Lifestyle - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
05 May 2022 18:15
Inggris secara resmi mengumumkan menghapus semua aturan hukum pembatasan virus corona (Covid-19). Setelah menghilangkan masker, kini kerajaan itu tak lagi mewajibkan seseorang yang terinfeksi corona melakukan isolasi mandiri (isoman) bahkan menghapus pengujian corona gratis. (AP/Matt Dunham)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anda merasa ada yang kurang lengkap jika tidak menggunakan masker saat beraktivitas?

Wajar. Bukan hanya anda yang merasakan hal ini.

Bahkan, warga Korea Selatan pun banyak yang tetap menggunakan masker meski pemerintah setempat telah mencabut aturan wajib pakai masker di luar ruangan.


Otoritas kesehatan Korea Selatan mencabut aturan wajib memakai masker di luar ruang per 2 Mei 2022. Selain itu mereka memutuskan untuk melonggarkan pembatasan jarak.

Namun bagi kebanyakan warga Korea Selatan, masker sudah menjadi bagian hidup mereka terutama selama hampir 3 tahun dilanda COVID-19. Misalnya di distrik Gwanghamun yang merupakan pusat gedung pemerintahan dan perusahaan, orang-orang bilang masker membuat mereka lebih nyaman

"Saya mencoba melepaskannya ketika saya meninggalkan rumah. Tapi kemudian 70-80 persen orang yang saya lihat di pusat kota memakainya. Saya kira masih terlalu dini untuk melepas masker ketika kita sedang di luar," kata Lee Byungyoung seperti dikutip dari Reuters.

Sementara itu, warga Korea Selatan lainnya yakni Kim Eunhee mengatakan ia akan merasa lebih aman tanpa masker jika infeksi harian turun sekitar 5.000 kasus.

Tak cuma di Gwanghamun, warga di Hyochang Park juga masih taat bermasker. Sekitar 80 persen masih enggan melepas masker.

"Saya juga rindu masa sebelum pandemi ketika kita hidup tanpa masker. Ini tidak nyaman (memakai masker) tetapi lebih baik dipakai untuk tetap berhati-hati, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga agar tak membahayakan orang lain," kata Lee Geunyoung.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea melaporkan ditemukan 20.084 kasus COVID-19 baru pada hari Minggu (1/5/2022). Kasus infeksi COVID-19 di Korea Selatan terus turun setelah sempat berada di titik puncak yakni lebih dari 620.000 kasus pada pertengahan Maret.

Jika masyarakat diizinkan melepas masker saat di luar ruangan, mereka wajib memakai masker di dalam ruangan. Selain itu penggunaan masker juga masih berlaku untuk acara outdoor dengan kapasitas 50 orang atau lebih seperti saat unjuk rasa, konser, dan pertandingan olahraga.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Ini Bahaya Pakai Masker Berulang-ulang Tanpa Ganti


(dhf/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading