Kasus Covid Mulai Melandai, Orang Korea Ogah Lepas Masker

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
20 April 2022 18:30
People wearing face masks to help protect against the spread of the new coronavirus listen to a speech of the main opposition United Future Party's candidate Hwang Kyo-ahn during his campaign for the upcoming parliamentary elections in Seoul, South Korea, Monday, April 13, 2020. The elections will be held on April 15 about 14,300 polling stations at all over the nation to pick lawmakers. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah orang Korea Selatan tetap tak mau melepaskan masker meski kasus Covid-19 di negara tersebut mulai melandai. Pemerintah Korea Selatan sendiri saat ini sudah melonggarkan sejumlah aturan terkait Covid, seperti menghapus batasan jam operasional fasilitas tertentu dan jumlah maksimum orang yang diizinkan dalam pertemuan pribadi.

Sebelum pandemi, penggunaan masker wajah cukup umum ditemui di Korea. Sejumlah selebriti seperti Jennie BLACKPINK menggunakan masker untuk menutupi identitas mereka dari publik, sementara masyarakat umum menggunakan masker untuk melindungi diri dari polusi udara. 

Sekarang, setelah lebih dari dua tahun dunia menghadapi pandemi, penggunaan masker di Korea Selatan memang masih diwajibkan. Namun, warga Korea sendiri nampaknya tidak siap untuk melepas masker mereka meski keadaan membaik.


Para ahli menyebut bahwa, tidak seperti beberapa negara Barat di mana kewajiban masker mendapat banyak penolakan, debat semacam itu tidak terjadi di Korea Selatan. Koo Jeong-woo, seorang sosiolog di Universitas Sungkyunkwan, mengatakan ini mencerminkan "sifat kolektivis" orang Korea.

"Orang Korea tidak hanya terbiasa mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, mereka juga tak suka tampil menonjol. Meskipun memakai masker tidak wajib di luar ruangan jika jarak dijaga, semua orang tetap memakainya, karena mereka khawatir mendapat tatapan dari orang lain," ujarnya, seperti dikutip dari SCMP, Rabu (20/4/2022).

Karena itu, Koo juga memprediksi jika aturan masker dicabut, mayoritas orang Korea akan tetap memakainya di tempat umum, seperti kereta bawah tanah dan gym dalam ruangan.

Mereka yang enggan melepas masker mengaku menemukan manfaat tak terduga dari menggunakan pelindung wajah tersebut.

"Awalnya tidak nyaman, tetapi sekarang saya terbiasa memakai masker ke mana-mana - di kantor, di transportasi umum, dan di gym. Rasanya aneh tidak menutupi wajah saya di depan orang lain," kata Choi Young-kyung, seorang pekerja kantoran berusia 28 tahun di Seoul.

"Dan terus terang, saya suka bahwa saya dapat menyembunyikan setengah dari wajah saya ketika berbicara dengan atasan di tempat kerja. Mereka sepertinya tidak menyadari bahwa saya hanya tersenyum dengan mata, bukan dengan mulut."

Sebagian lainnya berencana untuk terus memakai masker karena terbukti efektif mencegah penyakit lain, bukan hanya virus corona.

"Sebelum pandemi, saya sering sakit tenggorokan dan pilek. Saya tidak mengalami gejala [apa pun] selama dua tahun terakhir, yang berarti masker wajah sangat efektif dalam mencegah penyakit lain," kata Lee Jae-gil, seorang pemilik restoran berusia 55 tahun di Seoul.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aigoo! Ribuan Sekolah di Korea Jadi Rumah Hantu, Ada Apa?


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading