3 Ide Camilan Saat Sahur, Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
18 April 2022 03:50
Ilustrasi (Photo by Louis Hansel on Unsplash) Foto: Ilustrasi (Photo by Louis Hansel on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Umat Muslim di Indonesia berpuasa selama kurang lebih 14 jam setiap bulan Ramadan. Bagi sebagian orang, beraktivitas penuh selagi perut dalam keadaan kosong bisa sangat menyiksa.

Untungnya, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan atau cemilan yang bisa membuat kenyang lebih lama. Cemilan ini bisa dimakan di malam hari atau setelah sahur sebagai bekal persiapan berpuasa sepanjang hari.

Berikut beberapa cemilan yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan bisa jadi alternatif pilihan saat sahur.

1. Kacang polong

Dilansir dari Healthline, kacang polong sarat dengan serat dan protein nabati, sekaligus memiliki kepadatan energi yang relatif rendah yang membuatnya sangat mengenyangkan.

Selain kacang polong, kacang-kacangan pada umumnya mengandung penguat rasa kenyang seperti protein, serat, dan lemak sehat. Sebuah penelitian menemukan bahwa kacang meningkatkan rasa kenyang pada orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas sambil mempertahankan kadar glukosa darah dan insulin yang stabil.

2. Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan yang membuat Anda kenyang dan memiliki banyak manfaat kesehatan seperti serat dalam dosis besar, lemak sehat, vitamin dan mineral penting seperti magnesium.

Alpukat juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol 'jahat' dan menaikkan kadar kolesterol 'baik', cocok untuk teman sahur.

3. Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang bisa menjadi makanan yang mengenyangkan, penuh vitamin, mineral, dan antioksidan karotenoid yang membantu melindungi kesehatan mata.

Dilansir dari berbagai sumber, satu butir telur besar mengandung sekitar 6 gram protein, termasuk sembilan asam amino esensial. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa memasukkan telur lebih sering ke dalam makanan dapat meningkatkan rasa kenyang dan secara signifikan mengurangi asupan makanan.

Berita selengkapnya >>> di sini


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Lewatkan Makan Sahur, Ini 7 Manfaatnya Bagi Kesehatan!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading