Berat Badan Malah Naik Saat Puasa, Ini Penyebabnya..

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 April 2022 05:19
Ilustrasi (Photo by i yunmai on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bulan Puasa sejatinya menjadi momentum kita untuk menurunkan berat badan atau biasa dikenal dengan sebutan diet. Alih-alih ingin menurunkan berat badan, justru pada Puasa ini berat badan malah semakin meningkat.

Apa ya sebabnya?

Seorang Ahli Gizi, Nazima Qureshi membenarkan, bahwa ia cenderung menemukan orang-orang di bulan Puasa mengalami kenaikan berat badan ketimbang turunnya berat badan tanpa memandang usia.


Sebuah survei di Tunisia yang dilakukan oleh lembaga kesehatan pemerintah menunjukkan bahwa 59% wanita dan 39% pria mengalami kenaikan berat badan selama bulan puasa. Pakar kesehatan juga menyebut kalau orang mengonsumsi makanan rata-rata naik hingga 50% selama satu bulan.

"Puasa berjam-jam kemudian mengonsumsi makanan manis dan berkalori tinggi, membantu mereka naik berat badan," ujar Maha Aradamis, dokter sekaligus ahli gizi di Mesir, seperti dikutip dari CNN International dan Haibunda.

Berikut sederet penyebab yang membuat berat badan malah naik selama bulan puasa seperti dilansir berbagai sumber

1. Mengonsumsi makanan tradisional

Mengapa mengonsumsi makanan tradisional bisa menaikkan berat badan selama bulan puasa? Nazima menjelaskan bahwa penyebab utama kenaikan berat badan saat puasa karena makanan yang dipilih. Makanan tradisional menjadi salah satu alasan terbesar terjadinya kenaikan berat badan selama Ramadan. Makanan tradisional seperti kue basah, rendang, dan jenis lainnya tanpa memperhatikan porsi serta kalorinya.

2. Makan gorengan dan karbohidrat berlebihan

Menurut Nazima, banyak orang 'berpesta' dengan menyuguhkan aneka macam makanan untuk berbuka puasa. Seringkali menu buka puasa ini terdiri dari makanan yang digoreng dan banyak karbohidrat.

"Terlepas dari budaya Anda, selalu ada beberapa jenis makanan yang digoreng dan banyak karbohidrat berat saat buka puasa," tambahnya.

Nazima pun menuturkan bahwa sulit menghitung kalori dalam kelompok makanan yang digoreng. Ia hanya memperkirakan mungkin bisa mencapai 500 kalori untuk satu potong gorengan yang dikonsumsi ketika buka puasa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Alasan Kenapa Berat Badan Anda Bisa Meroket Saat Puasa


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading