Ini Kebiasaan 'Aneh' Orang Ber-IQ Tinggi, Kamu Begini?

Lifestyle - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
05 March 2022 16:00
Ilustrasi (Photo by George Milton from Pexels) Foto: Ilustrasi (Photo by George Milton from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang-orang pintar atau memiliki IQ tinggi dikenal sebagai orang yang memiliki pola hidup yang baik, ini tidak lepas dari pencapaian yang mereka hasilkan. Meski begitu, orang-orang ini juga cenderung melakukan hal 'nyeleneh' yang tidak dilakukan orang lain.

Bahkan kebiasaan yang muncul pada orang IQ tinggi kerap dianggap aneh atau kurang wajar. Namun, beberapa kebiasaan tersebut dapat dihubungkan dengan tingkat pembelajaran, pemecahan masalah, dan kreativitas yang lebih tinggi. Berikut ini kebiasaan yang sering dilakukan orang dengan IQ tinggi.

Begadang

Orang cerdas cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk berpikir dan berkarya. Mereka cenderung lebih nyaman bekerja di malam hari dibanding pagi hari. Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu istirahat dengan hal produktif. Bagi orang ber-IQ tinggi, cara ini lebih nyaman dilakukan dibanding waktu kerja pagi hari.

Bicara Sendiri

Orang cerdas cenderung kerap berbicara sendiri, baik di dalam hati maupun tulisan. Kebiasaan ini tanpa disadari bisa meningkatkan daya ingat dan memperkuat ketajaman kerja otak.

Suka Menyendiri

Orang dengan kecerdasan di atas rata-rata biasanya suka menyendiri. Dua peneliti, yaitu Norman Li (Singapore Management University) dan Satoshi Kanazawa (The London School of Economics and Political Science) pernah mengungkapkan kerumunan membuat orang dengan IQ tinggi tidak nyaman.

Dalam penelitian yang berjudul 'Country roads, take me home... to my friends: How intelligence, population density, and friendship affect modern happiness' itu, ditemukan bahwa orang dengan IQ tinggi ternyata lebih senang untuk 'me time' atau menghabiskan waktu sendiri.

INFOGRAFIS, Kebiasaan Aneh Ini Sering Dilakukan Orang Genius, Kamu Juga?Foto: Infografis/ Kebiasaan Orang Ber-Iq Tinggi/ Edward Ricardo
INFOGRAFIS, Kebiasaan Aneh Ini Sering Dilakukan Orang Genius, Kamu Juga?

Meja Kerja Berantakan

Meja kerja yang cenderung berantakan menjadi kebiasaan pertama bagi orang-orang dengan IQ tinggi. Berdasarkan hasil penelitian University of Minnesota terhadap munculnya kreativitas pada seseorang, kebanyakan ide bermunculan dari orang-orang di lingkungan berantakan daripada yang berasal dari tempat rapi.

Mengkritik Diri Sendiri

Para peneliti Cornell University tahun 1999 menemukan bahwa orang cerdas jauh dari kata percaya diri. Studi ini juga menemukan bahwa orang yang sangat kompeten cenderung meremehkan kemampuan mereka. Hal itu dikarenakan mereka memahami seberapa banyak pengetahuan yang ada di luar sana.

Mengakui Kesalahan

Kebiasaan ketiga ini merupakan sifat yang wajib dimiliki banyak orang namun seringkali sulit untuk diaplikasikan. Kebanyakan orang cenderung merasa benar dibanding mengakui salah meski berada di posisi yang salah.

Namun, orang jenius dianggap bisa lebih mengakui kesalahannya, dibandingkan orang biasa. Sebab IQ tinggi cenderung memiliki otak yang bisa memahami sudut pandang orang lain dan tidak takut untuk mengakuinya.

Menantang Diri

Salah satu kebiasaan orang dengan IQ tinggi biasanya ialah memiliki rasa tidak cepat puas dengan pencapaian mereka sehingga, mereka sering menantang dirinya sendiri untuk melakukan hal yang lebih besar. Padahal orang tersebut sudah melewati tahapan yang dianggap cukup bagi kebanyakan orang lain.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cek Daftar Orang Jenius dengan IQ Tertinggi di Dunia


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading