Gak Nyangka, Chairul Tanjung Pernah Tidak Mampu Zakat Fitrah

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 January 2022 20:30
CXO Media

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak jalan terjal yang dilalui seseorang sebelum mencapai kesuksesan. Siapa sangka, pebisnis sukses Chairul Tanjung pernah mengalami kehidupan yang melarat sampai-sampai nyaris tak mampu membayar zakat fitrah bulan Ramadhan yang nilainya hanya setara 3,5 liter beras. 

Kisah nyata itu diungkapkan sendiri oleh Chairul Tanjung pada putrinya, Putri Tanjung, dalam acara CXO Mediaverse Virtual Launch Party, Sabtu (22/1/2022). 

Mantan Menteri Perekonomian di era Presiden SBY tersebut mengisahkan, saat itu ia masih duduk di kelas 2 SMP. Hari terakhir Ramadhan, Chairul remaja baru selesai berbuka puasa. Ia lalu bergabung dengan teman-temannya untuk memeriahkan malam takbiran. 


Namun, bukannya bahagia menyambut Lebaran, dia sedih karena teringat belum membayar zakat fitrah. Padahal, zakat fitrah adalah satu kewajiban umat Muslim yang harus ditunaikan sebelum shalat Idul Fitri bagi mereka yang mampu.

"Kan minimum kewajiban Muslim itu zakat fitrah. Pada waktu itu kami enggak punya uang karena bapak belum pulang, saya sedih banget," ujar pemilik CT Corp tersebut.

Harap-harap cemas, Chairul menunggu sang ayah pulang, dengan harapan ayahnya membawa uang. Baru pada dini hari, Chairul remaja girang bukan kepalang saat sang ayah tiba di rumah. Segera, ia bergegas ke masjid dan membangunkan pengurus masjid untuk membayar zakat fitrah. 

"Saya sedih banget, itu kan cuma 3,5 liter tapi kami enggak mampu. Alhamdulillah jam 3 pagi itu bapak pulang bawa uang, jadi kami menemui pengurus mesjid untuk zakat fitrah," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bahas Cinta-Keluarga, Simak Obrolan Putri Tanjung & Sang Ayah


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading