9 Cemilan Untuk Diet, Bebas Ngemil Tanpa Khawatir Berat Naik

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
21 January 2022 12:55
Oat (Photo by Jocelyn Morales on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki berat badan ideal menjadi idaman banyak orang karena menjadi salah satu pertanda tubuh yang sehat. Tidak heran, berbagai cara pun dilakukan orang untuk mencapai berat badan yang diinginkan. 

Namun, perlu diingat, untuk memiliki berat badan ideal, Anda tak harus melakukan diet yang menyiksa. Faktanya, Anda tetap bisa menikmati berbagai snack rendah kalori berikut yang bagus untuk tubuh. Apa saja?

1. Buah apel dengan selai kacang


Apel memang cukup dikenal sebagai salah satu santapan ketika diet. Apel adalah makanan yang punya antioksidan polifenol untuk menjaga kesehatan usus. Buah satu ini juga telah terbukti meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat.

Jika ingin mengkonsumsi apel sebagai selingan, Anda bisa mengkombinasikannya dengan selai kacang tanpa gula. 

2. Edamame

Edamame biasanya cukup familiar ketika disajikan bersama hidangan ala Jepang. Kedelai kukus ini juga mengandung antioksidan, zat besi dan magnesium.

Kadar kalori yang ada dalam satu cangkir atau sekitar 155 gram edamame adalah 180 kalori. Jangan mengkonsumsi lebih dari ini agar kadar kalori dalam tubuh tidak berlebihan ya.

3. Buah kering

Jika ingin yang manis-manis, tak perlu mencoba gula-gula atau sejenisnya. Untuk Anda yang sedang dalam program penurunan lingkar pinggang, bisa mencoba mengkonsumsi buah kering. Kalau ingin lebih ada variasi di dalamnya, Anda juga bisa mencoba mencampur buah kering dengan kacang-kacangan.

4. Putih telur

Dibandingkan dengan kuning telur, putih telur sebetulnya punya kandungan protein yang lebih sedikit. Walau begitu, bukan berarti putih telur tak memiliki kandungan protein sama sekali. Putih telur tetap mempunyai kandungan protein, namun kandungan lemaknya cenderung rendah. Apalagi, kandungan protein dalam putih telur adalah jenis protein kompleks yang kualitasnya baik.

5. Oats dengan yoghurt

Kombinasi oats dengan yoghurt adalah cemilan yang nikmat, kaya serat, dan bagus untuk usus. Oats adalah makanan dengan tinggi serat sehingga mampu membuat kenyang lebih lama. Di samping itu, usus mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga usus tetap sehat. Anda bisa memadukan keduanya dalam ukuran satu mangkuk kecil atau satu stoples kecil.

6. Granola

Sebagai makanan sampingan, granola punya komposisi yang cukup lengkap. Dalam granola, Anda dapat menemukan oat, kacang, dan madu atau brown sugar di dalamnya. Terkadang, Anda juga bisa menemukan granola yang sudah dikemas dalam bentuk batang atau bar, yang biasanya mengandung gula. Cemilan seperti ini tentunya lebih praktis dibawa ke mana-mana dan sehat.

7. Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate merupakan salah satu makanan yang banyak disukai karena rasanya sedikit manis dan khas. Selain itu, jenis cokelat ini mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan seperti menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah.

Cokelat hitam juga cocok untuk ditambahkan ke dalam makanan atau dikonsumsi sebagai minuman. Pastikan juga tidak mengandung banyak gula tambahan.

8. Kurma

Kurma merupakan buah yang kaya akan gula alami sehingga terasa manis. Kurma kaya akan zat gizi, seperti serat, mineral kalium dan zat besi, vitamin B6, serta antioksidan polifenol.

Buah ini baik untuk dikonsumsi sebagai camilan selama dalam porsi yang wajar. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk segar, yang telah dikeringkan, atau sebagai campuran dalam salad dan smoothies.

9. Yoghurt

Selain kaya protein, yoghurt juga kaya akan kalsium dan asam amino yang berfungsi untuk mempertahankan massa otot, sekaligus membakar lemak. Supaya lebih enak, tambahkan beberapa buah beri yang kaya akan antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang merugikan tubuh.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

5 Cara untuk Kurangi Lemak Setelah Makan Berlebih


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading