5 Cara untuk Kurangi Lemak Setelah Makan Berlebih

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 January 2022 08:30
Ilustrasi Makanan Sehat (Designed by senivpetro / Freepik) Foto: Ilustrasi Makanan Sehat (Designed by senivpetro / Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anda mungkin pernah menyantap makanan favorit hingga tak sadar sudah makan berlebih. Namun setelahnya menyesal karena khawatir berat badan bertambah.

Sebenarnya ada lho cara melunturkan lemak setelah makan berlebih. Seperti apa?

1. Minum air lemon hangat

Minum perasan air lemon hangat bisa membantu percepat metabolisme. Senyawa antioksidan pada lemon akan menyeimbangkan efek negatif dari kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin. Minum air lemon setelah makan juga dapat menghidrasi tubuh serta melunturkan lemak-lemak sisa makanan.


2. Konsumsi makanan anti kembung

Setelah makan banyak, mungkin Anda akan merasakan kembung. Untuk itu perlu makanan yang dapat menetralkannya. Ketimun, seledri, melon, dan asparagus merupakan diuretik rendah kalori yang bisa membantu mengurangi kembung.

3. Olahraga

Cara melunturkan lemak setelah makan yang lebih ampuh adalah berolahraga. Namun, beri jeda, idealnya 2-3 jam setelah makan. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan seperti aerobik, berjalan, jogging, atau berenang. Olahraga tersebut tidak hanya membakar lemak perut, tapi seluruh lemak tubuh. Dengan berolahraga kadar gula darah yang melonjak usai makan berat bisa berkurang dan proses metabolisme lebih maksimal.

4. Konsumsi serat

Cara lain yang bisa membantu melunturkan lemak setelah makan berat yaitu perbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah atau sayur. Menurut hasil penelitian, konsumsi 10 gram serat dapat mengurangi 3,7 persen jumlah lemak khususnya di bagian perut. Tak hanya itu, makanan berserat juga sangat baik untuk memperlancar pencernaan sehingga membantu buang air besar jadi lebih lancar.

5. Minum banyak air

Air dapat membantu menetralkan garam dari makanan yang telah dikonsumsi serta mengeluarkannya dari sistem tubuh. Anda juga bisa mengonsumsi air putih hangat karena membantu mempercepat proses metabolisme sekitar 40 persen. Meningkatnya kinerja metabolisme ini tentu membantu pembakaran kalori.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading