Viral! Dijual Pahala di E-Commerce, Mau Beli?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 January 2022 12:45
Ilustrasi penjual Pahal (Tangkapan layar Shopee) Foto: Ilustrasi penjual Pahal (Tangkapan layar Shopee)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini, belanja online di e-commerce telah menjadi pilihan banyak orang. Sebab hal tersebut lebih mudah dan praktis. Namun, bagaimana jika barang yang dijual merupakan barang yang tak kasat mata?

Baru-baru ini, para pengguna salah satu e-commerce Tanah Air dihebohkan dengan penjualan 'pahala'. Tak tanggung-tanggung, ada beberapa akun penjual yang menjual pahala dari harga Rp100 hingga Rp500.

Salah akun yang menjual pahala adalah toko Rafrash1 dari Barito Timur. Terlihat sebuah gambar cahaya dengan keterangan harga Rp 150.


"DIJUAL PAHALA! CARA PESAN: MASUKAN KERANJANG CHECK OUT TERUS SAYA AKAN DOAKAN ANDA," tulis deskripsi akun itu.

Pada akun lain, Zhafaraofficial Store juga menjual 'pahala' dengan mengajak pembeli online untuk bersedekah. Pahala yang ditawarkan dijual dengan nominal hingga Rp 500.

Untuk menarik lebih banyak pembeli 'pahala', akun tersebut juga menuliskan beberapa anjuran agama terkait keutamaan sedekah. 

"Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri." (HR. Thabrani)," tulis akun itu.

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula." (QS. Al-Zalzalah: 7-8)

Uniknya, penjualan 'pahala' di e-commerce cukup laris manis. Salah satu akun yang menjual pahal sukses mendapatkan lebih dari 2.000 pembeli. Sang penjual mengaku, dana yang terkumpul dari pembelian pahala akan dibelanjakan makanan untuk kucing jalanan. 

Anda tertarik membeli pahala?


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading