Eksklusif

Cuan Jadi Artis atau Bisnis? Ini Jawaban Raffi Ahmad

Lifestyle - Eqqi. S, CNBC Indonesia
11 January 2022 12:30
Raffi Ahmad (CNBC Indonesia/ Valentina Angel ) Foto: Raffi Ahmad (CNBC Indonesia/ Valentina Angel )

Jakarta, CNBC Indonesia - Fenomena artis populer yang terjun dan merambah ke dunia bisnis makin marak ditemui. Karir di industri hiburan yang tidak terjamin keberlanjutannya menjadi salah satu alasan utama para seleb Tanah Air yang ekspansi dari entertainment ke entrepreneur.

Raffi Ahmad adalah salah satu contohnya. Meski masih aktif di dunia hiburan, Raffi mengaku saat ini dirinya berfokus untuk menjadi pebisnis. Bersama sang istri, Nagita Slavina, ia menjalankan sejumlah usaha di sektor kuliner, lifestyle, hiburan, hingga memiliki klub sepak bola.

Lalu, mana yang lebih cuan, jadi artis atau pebisnis?


"Tadinya artis, sekarang di bisnis," ujar Raffi Ahmad secara eksklusif pada CNBC Indonesia, beberapa waktu yang lalu.

Bisnis ia anggap sebagai dunia barunya. Pun begitu, untuk saat ini Raffi belum akan meninggalkan dunia keartisan. Ke depannya, pria asal Bandung ini mengaku ingin menjadi pebisnis sambil menjalani kegiatan keartisan sebagai hobi.

"Pebisnis yang hobinya jadi artis, karena enggak bisa dihilangin banget. Aku dari entertainment ke entrepreneur. Dan jiwa entertain aku enggak bisa dihilangkan," kata dia.

Dengan latar belakangnya sebagai artis, Raffi mengaku hal itu sangat membantunya dalam urusan marketing. Tak heran kalau banyak produk yang ia jual laris manis diburu pelanggan. 

Meski kini sudah jadi pebisnis sukses, pria berusia 34 tahun ini menegaskan bahwa apa yang dia raih tidak didapat dengan mudah. Faktanya, Raffi sudah bekerja keras sejak ia masih remaja hingga tak punya waktu tidur yang cukup. Saat itu, ia kerap kali syuting sampai dini hari dan masih harus berangkat sekolah di pagi harinya. 

"Jadi dari dulu kisaran (umur) 14-15 tahun tidurnya pagi karena selesai syuting jam 3-5 pagi. Jam 7 pagi sekolah," kata dia. 

"Kalau ada orang nilai Raffi enak banget, mereka enggak tahu 20 tahun lebih pengorbanan itu banyak banget. Waktu, tenaga, keluarga. Aku punya prinsip, kalau mau sukses harus capek. Kalo belum capek, kita gak akan sukses," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading