Waspada Transmisi Lokal Omicron, Masker Jenis Ini tak Ampuh

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
29 December 2021 15:15
Infografis/ Vaksinasi & Pakai Masker Efektif Cegah Covid-19 Varian Apapun/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia -- Kementerian Kesehatan telah mengonfirmasi penyebaran lokal varian baru virus Covid-19, Omicron, di Indonesia. Penularan Omicron disebut lebih cepat dibanding varian terdahulu. Karenanya, masyarakat diimbau untuk selalu memproteksi diri dengan masker. 

Namun, hati-hati, sebab beberapa jenis masker ternyata tidak efektif menyaring virus Omicron. Apa saja?

1. Masker buff

Studi yang dilakukan oleh University of Duke menunjukkan masker buff, yang kerap digunakan para pengendara motor, adalah jenis masker yang paling tidak efektif menangkal virus Corona. Hal ini karena masker buff tidak bisa menahan droplet saat kita berbicara. "Kami menghubungkan ini dengan...tekstil (yang) memecah partikel-partikel besar menjadi partikel-partikel yang lebih kecil," kata dr Martin Fischer, ahli kimia, fisikawan dan penulis studi.


Bahan masker ini juga disebut bisa memecah droplet menjadi partikel yang lebih kecil sehingga berisiko menyebarkan virus ke udara.

2. Masker katup

Dokter spesialis Agus Dwi Susanto, Sp P(K) dari Rumah Sakit Paru Persahabatan mengatakan penggunaan masker katup tidak efektif karena tidak bisa menahan hembusan nafas.

"Masker katup itu, hembusan napas dari pemakai keluar, sehingga kalau (orang yang) memakai masker katup itu sakit COVID-19, maka udara yang keluar dari masker membahayakan sekitarnya, jadi tidak disarankan," ujar dr Agus Dwi Susanto, Sp P(K), seperti dilansir detikcom.

3. Masker kain bukan jenis katun

Seorang ahli paru dari RS Persahabatan, dr Diah Handayani, SpP meminta masyarakat untuk tidak menggunakan masker kain dengan bahan selain katun. Ia mengatakan kriteria masker kain yang aman dipakai sehari-hari yakni yang memiliki tiga lapis bahan katun. Masker kain yang menggunakan bahan lain umumnya tidak memiliki pori-pori serapat katun.

"Karena setiap lekukan itu kan bisa menampung kuman dari luar, makanya kebersihannya harus dijaga," ujarnya.

Lalu, masker apa yang efektif bisa mencegah transmisi Omicron?

Anda bisa menggunakan masker bedah sekali pakai, masker kain katun dengan minimal dua lapis, serta masker N95 yang terbukti ampuh menahan partikel kecil di udara hingga 95%. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Gejala Awal Penularan Virus Corona yang Jarang Terjadi


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading