Cobain, Bumbu Dapur Ini Bisa Usir Kolesterol Jahat

Lifestyle - Redaksi, CNBC Indonesia
24 December 2021 14:05
Jahe (Photo by Joris Neyt from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kolesterol merupakan salah satu unsur penting yang diperlukan dalam proses metabolisme tubuh. Namun, jika kadar kolesterol dalam darah berlebihan, bukannya untung, justru malah jadi buntung karena bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan. Kadar kolesterol yang tinggi bisa membuat tumpukan lemak mengeras pada pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan aliran darah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bumbu dapur rumahan yang sering digunakan dan pasti tersedia di dapur Anda ternyata bisa membantu untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam aliran darah loh. Berikut ulasannya. 

1. Bawang Putih


Bumbu dapur bawang putih memiliki kandungan allicin yang ternyata mampu menghambat proses pembentukan kolesterol. Bawang putih juga dilengkapi dengan efek farmakologis anti inflamasi yang mampu menghambat peningkatan kadar LDL (kolesterol jahat).

Mengonsumsi bawang putih mentah dipercaya mampu membantu pencegahan pembekuan darah, penurunan tekanan darah dan melindungi tubuh dari infeksi. Suplemen ekstrak bawang putih bisa bantu menurunkan kolesterol dalam darah sebanyak tujuh persen dan kolesterol LDL sebanyak 10 persen.

2. Bawang bombay

Bawang bombay juga menjadi salah satu bumbu dapur yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah. Hal tersebut karena bawang bombay mengandung antioksidan yang berperan untuk mengontrol kadar kolesterol tubuh.

3. Jahe

Ekstrak jahe juga mampu menurunkan kolesterol LDL sampai dengan tingkat yang sama kuatnya dengan obat kimia penurun kolesterol. Anda bisa mengonsumsinya dengan membuat wedang jahe tanpa gula secara rutin.

4. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kandungan kurkumin pada bumbu dapur ini memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan yang bisa melindungi organ kardiovaskular seperti pembuluh darah dan jantung.

Sifat anti inflamasi ini juga mampu mencegah penggumpalan darah yang bisa menyebabkan penyakit stroke. Bahkan ahli gizi Patricia Bannan dan penulis Eat Right When Time Is Right telah merekomendasikan untuk mengganti garam dengan rempah-rempah seperti kunyit karena efeknya yang bisa membantu menurunkan berat badan, melawan peradangan dalam tubuh, menurunkan gula darah dan menjaga kadar kolesterol dalam darah.

5. Daun Salam

Daun salam yang digunakan sebagai bumbu dapur agar makanan wangi ini ternyata juga memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol pada tubuh. Selain untuk menurunkan kolesterol jahat, daun salam juga dipercaya mampu mengatasi penyakit asam urat.

Kandungan flavonoid dan antioksidan yang terkandung pada daun salam mampu membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

6. Ketumbar

Selanjutnya, ada bumbu dapur ketumbar yang mengandung jenis asam di dalamnya. Jenis asam yang ada di dalam ketumbar mampu mencegah pengendapan kolesterol di dalam darah. Anda bisa mengonsumsi air ketumbar untuk bantu menurunkan kolesterol pada tubuh.

7. Daun Suji

Daun suji memiliki kandungan saponin yang bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang jahat pada tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara merebus sekitar lima lembar daun suji dengan dua gelas air sampai mendidih dan menyisakan setengah air. Air ekstrak daun suji tersebut bisa dikonsumsi secara rutin untuk bantu menurunkan kolesterol darah.

8. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya manfaatnya yang bukan rahasia lagi adalah menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Air rebusan daun jambu biji yang mendidih dan menyisakan setengahnya saja bisa dijadikan obat herbal yang bantu menurunkan kolesterol.

9. Daun Jati Belanda

Daun jati belanda dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh secara efektif. Karena bumbu dapur satu ini dilengkapi dengan kandungan flavonoid, alkaloid, saponin, asam folat, sterol, tanin dan damar yang mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam aliran darah. Anda bisa meminum air ekstrak rebusan daun jati belanda untuk dijadikan obat herbal penurun kolesterol.

Ternyata selain bisa membuat makanan lebih enak, bumbu-bumbu dapur di atas juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal penurun kolesterol pada tubuh. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan agar obat herbal juga bekerja secara efektif.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Sepelekan, Ini Pertanda Anda Punya Kolesterol Tinggi


(hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading