Catat! Ini 9 Alasan Resign agar Reputasi Tetap Baik di Kantor

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
25 November 2021 20:40
Pengunduran diri

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika Anda ingin mengundurkan diri, gunakanlah alasan pengunduran diri (resign) yang masuk akal dan tidak membuat reputasi Anda rusak.

Resign atau mengundurkan diri adalah hal yang sudah biasa dalam dunia kerja. Tapi, ternyata untuk mengajukan resign tidak semudah yang dibayangkan.

Anda harus menyiapkan alasan yang jelas dan matang yang akan disampaikan ke atasan atau Human Resources Department (HRD). Pastikan alasan yang Anda berikan tidak membuat reputasi menjadi jelek di mata perusahaan.


Alasan Resign agar Reputasi Tetap Baik

Jika Anda masih bingung memilih alasan resign, artikel ini akan memberikan rangkuman sembilan alasan resign mendadak terbaik yang paling masuk akal.

1. Ingin Melanjutkan Pendidikan

Melanjutkan pendidikan bisa menjadi alasan terbaik jika Anda ingin mengajukan resign. Dengan alasan melanjutkan studi, reputasi Anda di kantor tidak akan rusak, sehingga akan tetap baik di mata perusahaan.

2. Ingin Ganti Jalur Karier

Anda bisa menggunakan alasan ingin mencoba karier yang baru sebagai alasan resign. Contohnya, sekarang Anda bekerja sebagai video editor dan ingin mengubah jalur karier sebagai fotografer.

Tidak sedikit pula karyawan kantoran memilih untuk beralih membangun usaha atau bisnis sendiri. Dengan begitu, Anda bisa memberikan alasan logis ke HR dan reputasi akan tetap aman.

3. Mencari Pengalaman dan Tantangan Baru

Jika Anda merasa jenuh dengan pekerjaan Ada yang begitu-begitu saja, Anda bisa mengajukan resign dengan alasan ingin mencari tantangan baru untuk meningkatkan keahlian yang Anda miliki. Dengan begitu, HR tidak akan memandang Anda dengan reputasi yang buruk.

4. Karier Sulit Berkembang

Apabila Anda merasa bahwa tidak bisa berkembang dan tidak ada prospek kerja yang baik, silahkan ajukan resign dengan alasan karier yang sulit berkembang. Alasan ini merupakan alasan yang cukup masuk akal untuk diajukan ke atasan atau HR.

Cari perusahaan atau pekerjaan yang memang bisa membantu mengembangkan kemampuan, serta memiliki jenjang karier yang jelas.

5. Gaji Tidak Sesuai

Gaji menjadi instrumen penting yang sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Jika Anda merasa gaji tidak sesuai dengan pekerjaan Anda, akan sangat masuk akal jika Anda menggunakan alasan tersebut di surat pengunduran diri.

Namun disarankan jika alasan utama adalah gaji, Anda bisa mendiskusikan terlebih dahulu ke atasan terkait kenaikan gaji. Jika tidak diberikan kepastian, maka Anda bisa melanjutkan resign.

6. Mendapatkan Perlakuan Buruk Saat Bekerja

Kenyamanan dan lingkungan yang kondusif menjadi pendukung saat menjalankan tugas di tempat kerja. Jika Anda mendapatkan perlakuan buruk dari rekan kerja atau bahkan dari atasan seperti intimidasi (bullying), Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai alasan terbaik mengajukan resign.

Bahkan, Anda bisa menindaklanjutinya ke jalur hukum. Walaupun memiliki pekerjaan yang mudah, jika tidak mendapatkan lingkungan yang baik, tentunya justru akan membuat Anda merasa tertekan selama bekerja.

7. Stres Karena Tekanan Kerja

Segila apapun Anda bekerja, Anda harus tetap memerhatikan kesehatan fisik dan mental diri sendiri. Jika tekanan kerja sudah tidak wajar dan tidak bisa diterima lagi, Anda bisa mengajukan alasan ini untuk mengundurkan diri.

Karena pada dasarnya, mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup tetap harus pada keadaan sehat secara mental maupun fisik.

8. Pindah Rumah

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan alasan pindah rumah untuk mengajukan pengunduran diri di kantor. Jarak tempat tinggal dan kantor juga menjadi hal penting untuk menunjang produktivitas kerja. Dengan begini, HR pun tidak akan memandang Anda dengan buruk.

9. Alasan Kesehatan

Kesehatan tubuh adalah hal utama yang harus dijaga seberapa penting apapun pekerjaanmu. Jika pekerjaan Anda justru mengganggu kesehatan, maka pertimbangkan untuk mengajukan pengunduran diri.


Demikian pembahasan mengenai alasan-alasan resign yang masuk akal dan pastinya tidak membuat reputasi Anda menjadi buruk.

Sebelum resign, jika Anda belum mendapatkan pekerjaan lain di tempat lain, pastikan Anda memiliki dana darurat yang cukup.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading