Cara Keren Hamish Daud Perangi Sampah Plastik

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 November 2021 18:00
Hamish Daud (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktor sekaligus presenter Hamish Daud punya cara berbeda untuk menjaga lingkungan. Suami dari penyanyi Raisa itu kini tengah fokus terhadap masalah sampah yang ada di Indonesia.

Hamish pun menciptakan sebuah aplikasi bernama Octopus untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi Octopus diakuinya telah diluncurkan kurang lebih setahun.

Kepeduliannya terhadap lingkungan berawal dari meningkatknya masalah sampah, namun tak banyak tempat pembuangan akhir (TPA) yang bisa menampung.


"Alam dan lingkungan sudah banyak memberi kesempatan dan hidup. Saya ingin terlibat secara langsung dan melihat perubahan tenteng kondisi lingkungan dengan menyediakan layanan penjemputan sampah untuk kemasan pascakonsumsi melalui aplikasi Octopus," ujar Hamish dalam acara Ministry of Finance Festival (Mofest), Kamis (18/11/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sampah bisa dikelola dan dimanfaatkan, bahkan bisa bernilai ekonomi tinggi jika diperlakukan dengan benar sejak awal, yaitu mulai dari lingkungan terkecil rumah tangga.

Hamish yang merupakan Chief of Partnership Octopus menjelaskan bahwa aplikasi itu memiliki tiga mobile apps, yaitu untuk pengguna (konsumen), pelestari (kolektor sampah), dan checkpoints (usaha jual beli kemasan bekas).

Tidak hanya itu, Octopus juga menyediakan data yang berguna untuk industri fast moving consumer goods (FMCG), serta menyediakan solusi bagi industri kemasan.

Hingga akhir 2021, Octopus sudah mencapai 1 miliar post consumed products (sampah kemasan yang telah digunakan oleh konsumen) menjadi materi yang dapat didaur ulang dan bisa digunakan kembali.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading