Foto Seniman Nyentrik Frida Kahlo Laku Rp 496 Miliar!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 November 2021 18:20
Auctioneer Oliver Barker, Chairman of Sotheby's Europe, sells a Frida Kahlo self portrait for $34.9 Million USD during an art auction, in the Manhattan borough of New York City, New York, U.S., November 16, 2021.  Julian Cassady/SOTHEBY'S/Handout via REUTERS   ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak hanya karya-karyanya saja yang mendunia, sebuah foto diri dari seniman Frida Kahlo selalu dicari oleh kolektor kenamaan. Bahkan baru-baru ini, fotonya berhasil dilelang dengan harga fantastis.

Frida Kahlo merupakan seorang seniman asal Meksiko yang terkenal karena intensitas emosionalnya dan bergaya nyentrik. Mengutip The New York Times, Rabu (17/11/2021), fotonya tersebut berhasil terjual seharga US$ 34,9 juta atau sekitar Rp 496 miliar (asumsi kurs Rp 14.200 per US$) di rumah lelang Sotheby pada Selasa (16/11/2021).

Siapa sangka, nilai penjualan tersebut menetapkan patokan lelang untuk karya seni termahal dari seniman Amerika Latin.


Selesai lima tahun sebelum kematiannya pada 1954, lukisan cat minyak, "Diego and I," adalah salah satu potret diri terakhir Kahlo dan contoh keintiman yang telah menarik kolektor ke lukisannya.

Karya itu membawanya ke dalam pernikahannya dengan muralis Meksiko, Diego Rivera.

Dalam menetapkan nilai tertinggi baru untuk seniman Amerika Latin, Kahlo melampaui tolok ukur yang ditetapkan oleh Rivera pada 2018, ketika salah satu lukisannya terjual di lelang seharga US$ 9,76 juta - atau setara dengan US$ 10,75 juta hari ini, terhitung inflasi.

Mengacu pada "Diego and I," Adriana Zavala, yang mengkurasi pameran Kahlo 2015 di New York Botanical Garden, mengatakan bahwa itu adalah karya akhir Kahlo yang sangat penting.

"Ini adalah karya akhir yang penting dari periode di mana penderitaan fisiknya meningkat dan lukisannya menjadi tidak menentu. Dia terlihat kurang rapi dan tenang," kata Zavala.

Kahlo, yang lahir pada tahun 1907 di Mexico City, mulai melukis pada 1926 saat pulih dari kecelakaan bus yang membuatnya menderita sakit kronis.

Dia mengembangkan ikonografi yang kaya menyentuh alam hidup dan mati, mencampur kekerasan dan kerentanan dengan cara yang sering mengejutkan dengan mendorong norma-norma gender. Frida Kahlo meninggal pada usia 47 tahun.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading