Wah, Lukisan Picasso Laku Dilelang Seharga Rp 990 M di AS

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 May 2022 15:50
Lukisan tahun 1932 karya kekasihnya Pablo Picasso, berjudul Potret Marie-Thérèse Walter. Rumah lelang mengharapkan untuk menjual lebih dari $60 juta selama penjualan seni musim semi mendatang. (Foto AP/Ted Shaffrey)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lukisan Pablo Picasso 1932 berjudul 'Femme nue couchée' terjual seharga US$ 67,5 juta atau sekitar Rp 990 miliar, Selasa (17/5/2022).

Penjualan lukisan itu berlangsung di Sotheby di New York, dan masuk dalam penjualan dengan nilai paling besar terbaru di lelang untuk seni tingkat tinggi.

Terjualnya lukisan berharga fantastis itu terjadi hanya berselang seminggu setelah lukisan layar sutra karya Andy Warhol tahun 1964 tentang Marilyn Monroe terjual US$ 195 juta di balai lelang Christie. Ini sekaligus membuat rekor untuk sebuah karya seniman Amerika yang dijual dalam lelang.


Rumah lelang Sotheby's telah memperkirakan lukisan Picasso, penggambaran surealistik dari inspirasinya Marie-Thérèse Walter, akan terjual lebih dari US$ 60 juta.

'Femme nue couchée', yang diterjemahkan dari bahasa Prancis menjadi "Wanita Telanjang Berbaring," menunjukkan Marie-Thérèse sebagai makhluk laut berkaki banyak dengan kepala dimiringkan ke belakang.

Kecintaannya pada berenang dan keanggunannya di dalam air mengilhami kiasan tentang laut, karena Picasso sendiri tidak bisa berenang, menurut Sotheby.

Marie-Thérèse berusia 17 tahun ketika dia bertemu dengan Picasso yang berusia 45 tahun di Paris. Mereka menjalin hubungan terlarang saat Picasso masih menikah dengan istri pertamanya, penari balet Rusia-Ukraina Olga Khokhlova.

Marie-Thérèse menjadi modelnya untuk sejumlah lukisan dan patung. Bahkan, Marie melahirkan putri Picasso, Maya Widmaier-Picasso.

Lukisan 'Femme nue couchée' lahir di tahun-tahun kegemilangan Picasso.

Penjual mendapat lukisan itu pada 2008 dari ahli waris Picasso, yang telah menyimpannya selama beberapa dekade, menurut Sotheby. 


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading