Murah Meriah, 7 Cara Mencerahkan Ketiak dengan Bahan Alami

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 October 2021 10:44
Ilustrasi Minyak Zaitun (Image by Steve Buissinne from Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki kulit ketiak hitam dapat menjadi masalah yang mengganggu. Bagaimana tidak, hal ini tentunya dapat membuat percaya diri menurun.

Ketiak hitam bisa terjadi karena berbagai hal. Misal, mencukur, berlebihan menggunakan deodoran, penumpukan sel-sel kulit mati, hingga berat badan berlebih. Inilah mengapa tak sedikit orang berusaha mencari cara memutihkan ketiak, baik dengan produk kimia maupun bahan alami.

Bagi Anda yang ingin memutihkan ketiak hitam tapi ramah di kantong, bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami dan dapat dilakukan dengan mudah di rumah.


Selain mudah, melakukan perawatan alami di rumah juga bisa dilakukan kapan pun.

Berikut CNBC Indonesia rangkum tujuh cara mudah mencerahkan ketiak dengan bahan alami:

1. Lemon

Lemon dikenal sebagai bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit, tidak terkecuali kulit ketiak. Selain memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, kandungan asam dari lemon bisa membantu mengikis sel kulit mati di ketiak.

Caranya dengan mengiris lemon, tetapi jangan terlalu tipis. Gosokkan perlahan ke ketiak Anda. Setelah 10 menit, bilas ketiak Anda dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembap.


2. Kentang

Kentang bermanfaat sebagai pemutih alami ketiak yang gelap. Sifat anti-iritasi yang dimiliki kentang mampu mengurangi rasa gatal akibat mencukur.

Caranya dengan memarut kentang, kemudian peras air yang keluar dari kentang tersebut. Oleskan air kentang ke ketiak Anda. Setelah 10 menit bilas dengan air dingin.


3. Timun

Mentimun dikenal dapat mencerahkan kulit, termasuk kulit ketiak. Tidak hanya mencerahkan, mengoleskan atau menempelkan irisan mentimun ke kulit juga dapat membuat kulit Anda terasa lebih segar.

Caranya dengan mengiris timun bulat setebal 2 cm. Gosokkan timun ke ketiak secara lembut dan diamkan beberapa 15 menit. Setelah itu, bilas ketiak Anda dengan air dingin.


4. Baking soda

Baking soda bekerja sebagai bahan pemutih ketiak untuk perawatan sederhana di rumah. Bahkan, tidak jarang orang-orang menggunakan baking soda untuk mencerahkan lutut yang menghitam.

Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk menghasilkan masker kental, lalu oleskan pada ketiak. Selain itu, Anda pun bisa mengencerkan baking soda, lalu mengoleskannya pada ketiak selama beberapa menit sebelum dibilas.


5. Minyak zaitun

Vitamin E dalam minyak zaitun cocok untuk memutihkan kulit kusam. Oleskan minyak pada kulit ketiak dan pijat merata selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan setiap hari untuk kulit ketiak yang tampak lebih halus dan cerah.

Selain itu, Anda pun bisa mencampur minyak zaitun dengan gula pasir. Minyak zaitun murni (extra virgin olive oil) akan berfungsi sebagai eksfoliator alami yang membantu proses pemutihan kulit ketiak.


6. Kunyit

Selain untuk wajah, kunyit juga bermanfaat untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

Kunyit memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bau tidak sedap pada ketiak.

Caranya mudah, campurkan 2 sendok makan jus lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk dijadikan pasta. Oleskan pasta secara merata ke ketiak Anda. Setelah 30 menit, bersihkan pasta dengan air hangat.


7. Minyak kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga dapat memutihkan ketiak yang hitam. Caranya dengan memijat beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak Anda.

Setelah 15 menit, cuci ketiak dengan air hangat dan sabun. Anda bisa mengulangi langkah ini dua hingga tiga kali sehari.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading