7 Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah, Bahannya Mudah Dicari

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
17 November 2021 19:50
Ilustrasi madu. (Dok: Pixbay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjadi cantik adalah dambaan dari semua para wanita. Untuk mencerahkan wajah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker wajah secara rutin.

Masker adalah salah satu produk perawatan kulit yang banyak digunakan dan mudah ditemukan. Ternyata, masker yang dibuat secara alami sendiri di rumah juga bisa efektif untuk menutrisi kulit.

Masker Alami untuk Wajah Lebih Cerah


Berikut ini adalah masker wajah alami yang bisa digunakan untuk menjadikan kulit lebih bersinar dan juga untuk menutrisi kulit.

1. Madu

Di samping manfaatnya bagi kesehatan, madu juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan wajah. Madu berfungsi membantu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Menggunakan madu sebagai masker bisa membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang menjadi salah satu penyebab kulit kusam.

2. Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya dengan kandungan vitamin C. Vitamin C sering digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan untuk mencerahkan kulit kusam.

Anda bisa mencampurkan lemon dengan madu untuk menjadikannya masker agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Selain untuk mencerahkan, lemon juga bermanfaat untuk menghambat penuaan dini karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

3. Alpukat

Masker wajah alami bisa dibuat dengan buah alpukat karena di dalamnya terkandung sumber lemak sehat, vitamin B dan kalium yang mampu melembabkan kulit dan mengeksfoliasi kulit.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda bisa mencampurkan alpukat dengan bahan masker alami lainnya seperti putih telur dan oatmeal.

4. Yoghurt

Masker Yoghurt bisa memberikan manfaat untuk mencerahkan kulit dengan kandungan asam laktat yang dimilikinya.

Yoghurt dapat memperlambat produksi enzim tirosinase yang berfungsi untuk memproduksi melanin, sehingga masker alami satu ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki wajah kusam.

5. Bengkuang

Bengkuang memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Vitamin C terkenal dengan manfaatnya yang berfungsi untuk menurunkan produksi melanin yang menjadi penyebab kulit kusam, sehingga bengkuang sangat bagus dimanfaatkan sebagai masker wajah alami.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki manfaat untuk memberikan efek menenangkan dan meredakan peradangan pada kulit.

Selain itu, lidah buaya juga bisa membantu memperbaiki sel-sel kulit wajah yang rusak dan membantu masalah hiperpigmentasi kulit.

Sudah banyak gel aloe vera yang dijual di pasaran. Anda hanya perlu mengoleskan pada wajah dan didiamkan selama 15-20 menit. Setelah, itu bilas wajah dengan air sampai bersih.

7. Timun

Terakhir ada masker timun yang memiliki kadar air tinggi, sehingga bisa memberikan efek sejuk pada kulit wajah.

Timun memiliki sifat antioksidan dan diperkaya dengan vitamin K, C serta serat yang mampu membantu mencerahkan kulit wajah.


Tips Lain untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Selain menggunakan masker secara rutin, pastikan Anda menggunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi dan memiliki waktu tidur yang cukup karena kualitas hidup yang buruk juga akan menjadikan kulit wajah lebih bermasalah.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading