Kaya Raya Diusia 25 Tahun Bukan Mimpi, Ini Buktinya

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 October 2021 20:20
Mata Uang Dolar, Peso, Euro (AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Usia muda bukan berarti tak bisa sukses dan meraih kekayaan melimpah. Hal ini dibuktikan oleh pria bernama Sahil Mehta.

Pada usia 25 tahun, dia bisa menghasilkan US$ 515.000 (Rp 7,3 miliar) setahun. Hal itu, ia dapatkan dari pekerjaan penuh waktu sebagai asisten eksekutif untuk agen real estat di Golden Gate Sotheby's dan mengoperasikan lima unit sewaan di waktu luangnya di Berkeley, California.

Dia menyimpan sebagian pendapatannya dengan baik dan menjaga pengeluaran diskresioner relatif rendah.


Hal ini ternyata menarik perhatian Kevin O'Leary, ketua dan hakim ETF O'Shares di acara baru CNBC "Money Court," yang menyaksikan perjalanan keuangan Mehta.

"Dua puluh lima tahun, hidup dengan lebih dari setengah juta dolar setahun. Itu tidak terlalu sulit untuk dilakukan," ungkap O'Leary.

Menurut O'Leary beberapa gerakan keuangan Mehta dapat diadaptasi oleh siapa saja yang ingin memperbaiki keuangan mereka. Namun yang terbesar adalah berkontribusi pada rekening pensiun individu.

Mehta menginvestasikan US $ 1.500 per bulan, tetapi sebagian besar pakar keuangan mengatakan untuk menginvestasikan 10% hingga 15% dari pendapatan Anda untuk masa pensiun.

"Mengesampingkannya ke dalam IRA adalah ide yang fantastis karena Anda ingin itu mulai berlipat ganda pada 6% hingga 8% per tahun. Itulah yang Anda sisihkan untuk sarang telur Anda ketika Anda berusia 65 tahun," kata O'Leary.

O'Leary sangat terkesan dengan kemampuan Mehta untuk mengubah hidupnya. Ayahnya sebelumnya sempat kehilangan pekerjaan selama resesi 2008 namun itu menjadi sumber kekuatannya.

Tidak ingin semakin terpuruk secara finansial, Mehta pun memutuskan untuk pindah ke California sendirian pada usia 16 tahun. Ia lulus dari perguruan tinggi lebih awal dan memulai karirnya yang sekarang berkembang di bidang real estat.

Sekarang, Mehta banyak berinvestasi pada dirinya sendiri dan menabung sekitar US$ 10.000 per bulan untuk pembelian properti di masa depan. Dia melakukannya dengan sangat baik, dan O'Leary cukup kesulitan menemukan kesalahan atas keuangannya.

"Saya memberinya 100%. Saya jarang melakukan itu. Anak ini melakukannya dengan benar," kata O'Leary.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading