Internasional

'Resesi Seks' Landa 4 Negara Asia, Kenapa pada Ogah Kawin?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
03 October 2021 06:13
Ilustrasi Seks (Dok: Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Fenomena 'resesi seks' sepertinya menghantui Asia setelah sebelumnya terjadi di Amerika Serikat (AS). Informasi ini disampaikan jurnalis senior CNBC International AS, Jake Novak, dalam tulisannya yang menyatakan terjadinya resesi seks, merujuk pada turunnya mood warga untuk melakukan hubungan seksual dan menikah.

Sebenarnya, resesi berarti kemerosotan. Adapun dalam istilah ekonomi, resesi dipakai saat terjadi pertumbuhan negatif dua kuartal berturut-turut dalam satu tahun.

Di sejumlah negara, resesi seks kini muncul sebagai dampak dari sejumlah soal. Pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu biang keladi yang mengganggu rencana pasangan untuk menikah dan menjadi orang tua.


Perubahan iklim (climate change) juga dikatakan memperburuk fenomena ini. Kedua 'ancaman' dunia ini makin membuat banyak orang menunda kehamilan dan mendapatkan anak.

Novak dalam artikel sebelumnya juga sempat mengulas terjadinya resesi seks di AS mengutip pakar dari University of Virginia.

Kala itu, dalam artikel berjudul, "America's sex recession could lead to an economic depression", menulis memang terjadi kecenderungan penurunan orang AS yang berminat untuk bercinta.

"Bukan cinta, tapi seks. Laporan tentang resesi seksual Amerika adalah tanda masalah serius untuk berbagai sektor, mulai dari bisnis real estat, pakaian jadi, hingga bisnis kondom," tulis Novak dalam artikelnya.

Pada April 2019, W. Bradford Wilcox, Direktur Proyek Pernikahan Nasional di University of Virginia, mengungkapkan riset yang menunjukkan penurunan hubungan seksual di kalangan muda, saat itu riset dilakukan sebelum pandemi 2020.

"Kami melihat peningkatan yang cukup mencolok dalam bagian orang yang tidak sering berhubungan seks - terutama dalam pangsa orang dewasa yang lebih muda,"kata Bradford dikutip TODAY.

"Kita telah sampai pada hari sekitar 50 tahun setelah revolusi seksual dan apa yang kita lihat adalah penurunan seks di kalangan orang dewasa muda. Tidak ada seorang pun, termasuk saya sendiri, yang dapat memprediksi hal ini," katanya.

Namun, kini, fenomena ini tidak hanya terjadi di negara-negara Barat, tetapi juga di wilayah Asia.

Berikut deretan negara yang mengalami fenomena ini, sebagaimana dihimpun CNBC Indonesia dari berbagai sumber, termasuk CNBC International. dan Reuters:

NEXT: 4 Negara Asia 'Resesi Seks'

Cek 4 Negara 'Resesi Seks'
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading