Meledak! Kasus Positif Covid Singapura Nyaris 3.000 Sehari

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
02 October 2021 07:15
Infografis/ Fakta-fakta Covid-19 Singapura: 'Meledak' Terus, Melebihi RI/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Angka infeksi harian Covid-19 di Singapura kembali memecahkan rekor baru. Jumat (1/10/2021) angka infeksi di negara itu telah mendekati 3 ribu kasus dengan mencatatkan 2.909 kasus.

Secara rinci, jumlah itu terdiri atas 2.079 kasus infeksi komunitas lokal, 818 infeksi asrama, dan 12 kasus impor. Untuk kematian, ada tambahan sebanyak delapan kasus. Seluruh kasus kematian ini melibatkan kelompok lansia


Dengan adanya tambahan ini, Singapura telah mencatat 99.430 kasus Covid-19 sejak pandemi masuk ke negeri itu tahun 2020. Angka ini juga diiringi total kematian sebanyak 103 kasus.

Ledakan infeksi ini sendiri diakui oleh perkembangan Varian Delta di negara itu. Menteri Kesehatan Ong Ye Kung pekan lalu menyebut bahwa penyebaran Varian Delta jauh di atas prediksi mereka.

"Itu ditularkan melalui komunitas dan peningkatan kasus harian jauh lebih cepat dari yang kami harapkan. Penyebaran ini terjadi sebelum rencana kami sepenuhnya diimplementasikan dan sebelum sistem dukungan kami sepenuhnya ada," kata Ong pada konferensi pers, Jumat (24/9/2021) dikutip Channel News Asia.

Sementara itu, pemerintah Singapura sendiri sudah menarik rem darurat untuk memperketat mobilitas publik yang mulai berlaku pada Senin (27/9/2021). Peraturan itu sendiri mengatur pembatasan pengunjung di tempat-tempat publik seperti sekolah, perkantoran, restoran, dan kunjungan ke kediaman.

"Meskipun melakukan hal itu mungkin tidak segera mengurangi jumlah infeksi baru setiap hari, itu akan memungkinkan kita untuk memperlambat penyebaran dan menghindari beban petugas kesehatan kita," ujar Wakil ketua gugus tugas multi-kementerian Covid-19 Gan Kim Yong.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading