Internasional

Pfizer Bakal Diizinkan untuk Anak 5-11 Tahun Sebentar Lagi!

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
11 September 2021 10:01
Vaksin Covid-19 Pfizer. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) akan memberikan izin penggunaan vaksin buatan Pfizer Inc untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun pada akhir Oktober mendatang. Hal ini dikatakan dua sumber Reuters, Jumat (10/9/2021).

Sumber tersebut mengatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS sudah bisa merampungkan cukup data dari uji klinis jika Pfizer benar-benar memberi pengajuan izin darurat (UEA) vaksin September ini. FDA dapat membuat keputusan segera tentang apakah vaksin Pfizer aman dan efektif pada anak-anak usia tersebut dalam waktu tiga minggu setelahnya.


Sumber tersebut juga mengatakan bagaimana pakar penyakit menular terkemuka AS Anthony Fauci mengadakan pertemuan online yang dihadiri oleh ribuan staf National Institutes of Health (NIH). Ia sempat membongkar bagaimana FDA mungkin akan segera memberi izin penggunaan vaksin ke anak.

"Jika Pfizer menyerahkan EUA-nya pada akhir September, dan data mendukung penggunaannya ... beberapa minggu pertama Oktober ... produk Pfizer kemungkinan akan siap," kata Fauci, menurut sumber tersebut.

Selain Pfizer, Moderna juga tengah dikaji penggunaannya untuk anak. Sumber media itu memperkirakan keputusan tentang penggunaan Moderna bisa datang sekitar November.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Pfizer dan Moderna belum berkomentar. Hal sama juga dilakukan NIH.

Sebelumnya FDA mengatakan akan meneliti vaksin Covid-19 untuk anak-anak dengan cepat setelah perusahaan pembuat vaksin mengirimkan data mereka. Dalam aturan bakunya, otorisasi darurat semacam itu baru bisa diberikan setelah perusahaan memberikan dua bulan data keamanan pada peserta uji coba.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading