Pfizer Tarik Obat Darah Tinggi yang Bisa Picu Kanker

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 March 2022 15:25
FILE PHOTO: The Pfizer logo is seen at their world headquarters in New York April 28, 2014.  REUTERS/Andrew Kelly/File Photo                            GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, perusahaan farmasi asal AS, Pfizer telah menarik sejumlah obat darah tinggi dari peredaran. Obat tersebut adalah Accuretic dan dua versi generiknya yang didistribusikan oleh Greenstone.

Pfizer secara sukarela menarik obat yang sering diresepkan untuk pasien hipertensi itu karena mengandung nitrosamin tingkat tinggi. Kandungan nitrosamin diketahui bersifat karsinogenik yang dapat meningkatkan atau menimbulkan risiko kanker.


"Nitrosamin umum ditemukan dalam air dan makanan, termasuk daging yang diawetkan dan dipanggang, produk susu, serta beberapa sayuran," tulis Pfizer dalam rilisnya, mengutip CNN.

Setiap orang yang terpapar nitrosamin dalam tingkat tertentu dapat meningkatkan risiko kanker. Apalagi jika nitrosamin dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Perwakilan Pfizer mengatakan bahwa nitrosamin merupakan senyawa yang 'tidak sengaja' muncul dalam obat. Pfizer sendiri mengaku tak mengetahui adanya laporan efek samping dari penggunaan obat tersebut. Sebab, obat tersebut diklaim aman selama lebih dari 20 tahun.

"Distributor dan grosir harus menghentikan penggunaan dan distribusi obat ini," tegas Pfizer.

Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang dialami banyak orang. Dalam 30 tahun terakhir, jumlah orang berusia lebih dari 30 tahun yang memiliki darah tinggi meningkat hingga dua kali lipat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Gampang Percaya, Ini Mitos Seputar Darah Tinggi


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading