Dinilai Tak Rasional, Akun Fans BTS sampai Blackpink Diblokir

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 September 2021 09:15
BTS

Jakarta, CNBC Indonesia - China makin ketat ke media sosialnya. Melalui Weibo -Twitter versi China- negara itu memblokir sementara 21 akun fans idola Kpop di platform tersebut.

Mengutip Yonhap News, akun fans BTS dan Blackpink termasuk di dalamnya. Ada juga akun grup lain seperti NCT, Red Velvet, SNSD hingga penyanyi solo IU.


Tidak hanya akun yang di-suspend, Weibo juga telah menghapus konten yang menyebabkan penangguhan. "Perilaku fans yang mengejar bintang idolanya semakin tidak rasional," tulis platform itu mengutarakan penyebabnya.

Akun fans personil BTS Jimin misalnya, juga dikenai penangguhan 60 hari. Ini setelah foto-foto gambar wajah Jimin di badan pesawat terpampang secara online minggu lalu.

Hal itu terkait perayaan ulang tahun sang penyanyi. Fans China beramai-ramai menggalang dana untuk merayakan hari kelahiran sang bintang.

"Weibo menyebutnya penggalangan dana secara illegal," tulis Yonhap lagi.

Sebelumnya, pemerintah china memang mengumumkan langkah-langkah khusus untuk mengendalikan 'pemujaan selebriti dan budaya klub penggemar'. Termasuk melarang anak di bawah umur membelanjakan uang itu mendukung idola mereka.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading