5 Gejala Covid Paling Umum Menurut Pakar Inggris

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
21 August 2021 08:30
INFOGRAFIS, 3 Minuman Herbal Ini Sembuhkan Indera Penciuman saat Corona

Jakarta, CNBC Indonesia - Para warga Inggris sebagian besar telah divaksinasi Covid-19 dosis penuh. Kendati demikian, angka kasus penyakit tersebut masih terpantau tinggi dan mereka yang sudah divaksin tetap berisiko terinfeksi virus Covid-19.

Profesor Tim Spector yang terlibat dalam studi gejala Zoe menyarankan agar pemerintah melakukan pembaruan dari daftar gejala utama. Terlebih, sebenarnya ada puluhan gejala yang terkait dengan Covid-19 serta berbagai variannya dalam 30 hari terakhir.

Vaksin yang digunakan untuk melawan COVID-19 telah terbukti sangat efektif dalam mencegah bentuk penyakit virus yang lebih serius. Namun, seperti yang diperingatkan oleh Profesor Tim Spector, ilmuwan utama di ZOE Symptom Study App, perlindungan yang ditawarkan dari vaksin berkurang dari waktu ke waktu.


Dia menggunakan data terbaru yang dipublikasikan ke Aplikasi Studi Gejala ZOE, yang telah memantau dampak vaksin dari lebih dari satu juta pengguna.

Mengingat tren yang mengkhawatirkan ini, sangat penting untuk memperhatikan tanda-tanda peringatan Covid-19, bahkan jika Anda telah divaksinasi penuh.

Profesor menguraikan gejala lima teratas yang dilaporkan Covid-19 pada mereka yang divaksinasi penuh dalam 30 hari terakhir, sebagai berikut:

1.Pilek

2.Sakit kepala

3.Bersin

4.Sakit tenggorokan

5.Kehilangan penciuman.

Data sebelumnya yang dipublikasikan di ZOE Symptom Study App menunjukkan bahwa bersin adalah gejala Covid yang dialami secara eksklusif pada mereka yang divaksinasi lengkap.

"Jika Anda telah divaksinasi dan mulai banyak bersin tanpa penjelasan, Anda harus tinggal di rumah dan menjalani tes Covid-19," saran tim pada aplikasi tersebut.

Seperti yang dicatat oleh tim, bersin adalah cara utama penyebaran virus. Cobalah untuk menutup saat batuk dan bersin dengan tisu atau bagian dalam siku untuk meminimalkan penyebaran tetesan udara. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sampai Anda mencuci tangan.

Mengapa Anda harus divaksinasi

Sementara pencegahan dari infeksi mungkin berkurang dari waktu ke waktu, perlindungan awal adalah kunci untuk mencegah rawat inap dan kematian akibat Covid-19.

Bersin adalah gejala Covid yang dialami pada mereka yang divaksin penuh. Terlebih lagi, mereka yang tidak divaksinasi dapat mengembangkan 'long covid' jika mereka terpapar Covid-19.

Lantas apa itu Long Covid?

Long Covid-19 adalah kondisi tak normal yang bisa terjadi pasca-sembuh dari Covid-19. Long covid menyebabkan penyintas Covid-19 merasakan sejumlah gejala infeksi virus corona dalam jangka lama dan berbeda untuk setiap orang.

"Banyak orang merasa lebih baik dalam beberapa hari atau minggu dan sebagian besar akan sembuh total dalam 12 minggu. Tetapi bagi sebagian orang, gejalanya bisa bertahan lebih lama," jelas NHS.

Dalam berbagai kasus, kondisi tak normal pasca-sembuh dari Covid-19 tersebut bisa berlangsung lebih dari sebulan setelah penderita kali pertama terinfeksi virus corona biang penyakit.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Orang Terinfeksi Omicron Sebar Virus Sampai 10 Hari


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading